Jawaban Bab 4 Bahasa Indonesia Halaman 110 Kelas 8 Kurikulum Merdeka Kegiatan 1 Cerita Berjudul Kotak Sulap Paman Tom

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Bab 4 halaman 110 kurikulum merdeka Kegiatan 1 Kalian sudah membaca cerita berjudul “Kotak Sulap Paman Tom”, Sekarang diskusikanlah pertanyaan berikut dengan teman di samping kalian. Tepatnya pada materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi pada buku semester 2.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 110 kurikulum merdeka Kegiatan 1 Kalian sudah membaca cerita Kotak Sulap Paman Tom

Kotak Sulap Paman Tom
Karya Maya Lestari Gf.

Randu suka sekali menonton pertunjukan sulap Paman Tom. Menurutnya sulap Paman Tom sangat ajaib. Paman Tom bisa mengeluarkan kelinci, pistol-pistolan, sepatu baru, dan buku-buku dari kotak sulapnya. Ketika bermain sulap, Paman Tom sering menyuruh seorang anak naik ke panggung. Anak itu dimintanya memasukkan tangan ke dalam kotak sulap.

“Kosong!” begitu selalu teriak anak-anak yang ikut bermain sulap. “Kosong lagi!” teriak mereka berulang. Paman Tom tersenyum, lalu ia akan menutup kotak tersebut. Beberapa detik kemudian ia akan membukanya kembali dan penonton akan berteriak, “Ada kelincinya!”

Randu dahulu pernah pula naik ke panggung. Kata Paman Tom, ia butuh anak laki-laki yang bisa membantunya. Randu langsung tunjuk tangan. Ia disuruh menarik sapu tangan yang menutupi kotak itu. Begitu kotak terlihat, seekor burung akan keluar, dan hup …! Burung itu terbang mengitari panggung. Saat itu penonton sangat heboh. Semua orang bertepuk tangan sampai lama sekali. Tidak cukup sampai di situ. Keesokan harinya semua anak di sekolah menceritakan kejadian itu berulang-ulang. Guru kelas Randu bahkan ikut memuji pertunjukan itu di depan kelas. Saat itu Randu masih kelas 1 SD. (baca secara lengkap pada buku)

Kegiatan 1:
Mendiskusikan Isi Karya Fiksi

Berdiskusi
Kalian sudah membaca cerita berjudul “Kotak Sulap Paman Tom”. Sekarang diskusikanlah pertanyaan berikut dengan teman di samping kalian!

1. Siapa tokoh dalam cerita tersebut?

Jawaban : Randu.

2. Apa yang terjadi pada tokoh cerita tersebut?

Jawaban : Tokoh utama cerita merasa kecewa karena kotak sulap Paman Tom tidak seajaib yang ia kira. Akhirnya, tokoh utama cerita membongkar rahasia sulap Paman Tom, dan menuduh Paman Tom telah membohongi penonton sulapnya.

3. Menurut kalian, sudah benarkah tindakan yang dilakukan oleh tokoh Randu?
4. Mengapa Randu sampai melakukan tindakan demikian? Setelah kalian menjawab pertanyaan di atas, sampaikanlah hasil diskusi tersebut di depan kelas.

Jawaban, buka disini : Mengapa Randu Sampai Melakukan Tindakan

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS halaman 110 kurikulum merdeka Bab IV Mengulas Karya Fiksi di buku kelas VIII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

4 Comments