Kunci Jawaban Halaman 42 43 45 46 Tema 8 Kelas 6 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Kunci jawaban halaman 42, 43, 45, dan 46 tema 8 kelas 6 SD/MI pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 5 subtema 1 kelas 6 SD dari halaman 42 sampai 46 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Halaman 42 43 45 46 Tema 8 Kelas 6 Pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 42

Ayo Mengamati

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!

Jawaban : Tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan

WaktuBelahan Bumi UtaraBelahan Bumi Selatan
21 Juni-23 SeptemberPanasDingin
23 September-22 DesemberGugurSemi
22 Desember-21 MaretDinginPanas
21 Maret-21 JuniSemiGugur

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 43

Ayo Mencoba

1. Buatlah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai titik tengahnya di lapangan sekolahmu!
2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!
3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.
4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.
5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa dapat pula berputar seperti bola dunia yang dipegangnya.
6. Cara berputar seperti terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam).
7. Saat berpindah dari satu titik ke tiga titik lainnya, jelaskanlah musim yang sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan!

Perhatikan juga posisi siswa yang berputar (Bumi) terhadap senter (Matahari). Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?

Jawaban : Tidak selalu sama.

Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, dan B4.
Tuliskan hasil pengukuran jarakmu pada tabel di bawah ini!

Jawaban :

PosisiJarak
A ke B1Jaraknya sama dengan jarak A ke B3, namun tidak sama jaraknya dengan A ke B2 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B4.
A ke B2Jaraknya sama dengan jarak A ke B4, namun tidak sama jaraknya dengan A ke B1 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B3.
A ke B3Jaraknya sama dengan jarak A ke B1, namun tidak sama jaraknya dengan A ke B2 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B4.
A ke B4Jaraknya sama dengan A ke B2, namun tidak sama jaraknya dengan A ke B1 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B3.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 45

Ayo Mencoba

Bekerjalah besama teman sebangkumu. Carilah informasi dari berbagai sumber tentang gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Sajikan informasi yang kamu temukan dalam format five finger facts seperti gambar berikut.

Jawaban :

Nama : Dayu Kelas VI
Petunjuk : Temukan lima informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Tuliskan informasi yang kamu temukan di tiap gambar jari.

Fakta 1 : Bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu satu tahun.
Fakta 2 : Akibar revolusi bumi terjadi gerak semu tahunan matahari.
Fakta 3 : Akibat revolusi bumi terjadi perbedaan lama waktu siang dan malam.
Fakta 4 : Akibat revolusi bumi terjadi perbedaan musim.
Fakta 5 : Akibat revolusi bumi terjadi perubahan rasi bintang.

Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya

Jawaban : Berikut contoh reportase secara singkat

Pemirsa selamat berjumpa lagi dengan saya Pranot Noto. Saya disini akan menyampaikan informasi tentang “Revolusi Bumi dan Dampaknya”

Pemirsa, sebagai warga negara Indonesia, kita hanya bisa merasakan dua musim saja, yaitu musim hujan dan kemarau. Mengapa kita hanya mengalami dua musim saja? Jawabannya adalah revolusi Bumi. Ingin tahu pembahasan selengkapnya tentang revolusi Bumi beserta akibatnya? Simak laporannya berikut ini!

Berdasarkan informasi yang saya dapat revolusi Bumi adalah perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Lamanya Bumi berevolusi adalah satu tahun, lintasan yang dilalui Bumi selama berevolusi disebut sebagai orbit. Lantas, seperti apa sajakah peristiwa revolusi Bumi?

Akibat yang pertama adalah gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu tahunan Matahari adalah fenomena dimana matahari seolah-olah bergerak, sehingga posisinya terhadap Bumi selalu berubah. Matahari mengalami pergeseran posisi ke belahan Bumi bagian utara, tepatnya pada tanggal 22 Desember – 21 Juni dan pergeseran dari belahan Bumi utara ke selatan pada tanggal 21 Juni – 21 Desember.

Akibat yang kedua adalah perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Beberapa negara di Eropa mengalami waktu siang lebih lama daripada malam, sementara di Indonesia memiliki durasi siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.

Akibat yang ketiga adalah terjadinya perbedaan musim. Mengapa musim di belahan bumi utara dan selatan berbeda? Musim di bumi dipengaruhi oleh posisi bumi yang miring terhadap sumbunya. Bumi berputar atau berotasi pada sumbunya. Hal itu tentu akan mengakibatkan sejumlah negara mengalami perbedaan musim.

Akibat yang keempat adalah terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda. Perbedaan rasi bintang disebabkan oleh perbedaan posisi pengamatan saat di Bumi. Seperti kita ketahui bahwa Bumi senantiasa berevolusi. Itu artinya, posisi Bumi terhadap susunan bintang-bintang juga akan berubah.

Sekian laporan yang saya sampaikan. Pranot Noto dan juru kamera Tukimin, melaporkan langsung.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 46

Catatanku tentang Revolusi Bumi dan Dampaknya

Jawaban : Revolusi Bumi yaitu perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Lamanya Bumi berevolusi yaitu satu tahun, sehingga peristiwa itu dijadikan patokan dalam penanggalan Masehi. Lintasan yang dilalui Bumi selama berevolusi disebut sebagai orbit. Akibat adanya revolusi Bumi antara lain seperti gerak semu tahunan Matahari, terjadinya perbedaan musim, perbedaan lamanya waktu siang dan malam, dan terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 42 43 45 46 pembelajaran 5 Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!