Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 42 Kurikulum Merdeka Pengalaman Orang-orang yang Diselamatkan Allah Dari Musibah

Kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 42 kurikulum merdeka Tulislah sebuah pengalaman tentang orang-orang yang diselamatkan Allah dari musibah, tepatnya pada materi Bab 2 Lebih Dekat dengan Nama-nama Allah pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti semester 1.

Pembahasan kali ini merupaka lanjutan dari tugas sebelumnya dimana kalian telah mengerjakan soal Halaman 38 Contoh Kaligrafi Asmaulhusna Al-Qawiyyu secara lengkap.

Al-Muhyi

Pernahkah kalian melihat sawah yang kering? Rerumputan yang kering dan mati? Dan mengapa saat ada hujan sawah yang kering menjadi subur? Ayo, pikirkan mengapa rumput yang telah mati menjadi hidup kembali? Siapa yang menghidupkan semua itu?

Kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 42 kurikulum merdeka Tulislah sebuah pengalaman tentang orang-orang yang diselamatkan Allah dari musibah

Dialah Allah Swt. yang memiliki sifat a/-Muhy/, artinya Maha Menghidupkan.Dialah Allah yang memberi kehidupan kepada seluruh makhluk-Nya. Firman Allah Swt. dalam Q.S. ar-Rum/30: 50:

Terjemahnya:
“Maka perhatikanlah bekas-bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi setelah mati (kering). Sungguh, itu berarti Dia pasti (berkuasa) menghidupkan yang telah mati. Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Q.S. ar-Rum/30: 50)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa Dialah Allah yang Maha menghidupkan segalanya. Allah juga akan menghidupkan kembali manusia yang telah mati dan membangkitkannya kelak di akhirat. Termasuk badan kalian bisa bergerak dengan leluasa, semua karena kekuasaan Allah.

Sebagai anak saleh tentunya bisa mengambil pelajaran dari sifat ini. Diantaranya agar bangkit dan termotivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Aktivitasku
Tulislah sebuah pengalaman tentang orang-orang yang diselamatkan Allah dari musibah!

Jawaban : (Berikut contohnya)
Penyakit yang diderita seseorang tentu merupakan cobaan dari Allah SWT, atau mungkin azab. Ketika saya menderita suatu penyakit, satu yang menjadi kunci bagi saya untuk dapat menerima cobaan itu, yaitu ‘ tidak mengeluh ‘.

Karena, seseorang yang tidak mengeluh ketika sedang menerima cobaan dari Allah, maka ia akan mendapat keringanan siksa neraka. Saya meyakini, Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya dalam kesusahan, pada akhirnya Dia akan memberikan pertolongan dan kenikmatan.

Aktivitasku
Buatlah kaligrafi yang indah dengan Asmaulhusna.

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 44

Baca Juga Pembahasan Soal Lainnya:

Demikian pembahasan kunci jawaban PAI kelas 5 SD MI halaman 42 kurikulum merdeka Bab 2 Lebih Dekat dengan Nama-nama Allah di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV semester 1. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!