Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 11 12 13 14 15 Pembelajaran 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Buku Tematik

Kunci jawaban tema 1 Kelas 4 SD/MI halaman 11 12 13 14 15, pembelajaran 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi  tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 11 sampai dengan 15 secara lengkap.

Ayo Mengamati

Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.

Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 11 12 13 14 15 Pembelajaran 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!

Jawab:

NoAlat MusikDaerah AsalCara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
1SulingJawa BaratAlat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
2SaluangMinangkabau, Sumatera BaratCara memainkan dan hasil bunyi : Jenis bunyi Aerofon, cara memainkan ditiup, sumber bunyi hembusan angin.
3KolintangJawa BaratCara memainkan dan hasil bunyi : Jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan digoyang dengan tangan.
4SasandoNusa Tenggara TimurCara memainkan dan hasil bunyi : jenis bunyi Chordofon, Cara memainkannya dengan dipetik, sumber bunyi dawai yang dipetik.
5AngklungJawa BaratCara memainkan dan hasil bunyi : Jenis bunyi Ideofon. Cara memainkan digoyang dengan tangan.

Kamu telah mengetahui berbagai alat musik dan cara memainkannya. Tahukah kamu bahwa di sekitar kita juga banyak sekali benda yang dapat menghasilkan bunyi?

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 12

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!

Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!

Jawaban:

Contoh hasil pengamatan :

Nama Benda Cara Menghasilkan Bunyi
Peluit Peluit ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
Gitar Sumber bunyinya dari dawai yang bergetar dengan cara dipetik
Lonceng Sumber bunyinya adalah getaran yang berasal dari benturan bandul yang beradu dengan badan lonceng.
Angklung Sumber bunyinya dari badan alat musik yang bergetar karena digoyangkan.
Drum Sumber bunyinya dari membrane atau selaput tipis yang bergetar ketika ditabuh atau dipukul.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 13, 14

Bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan?

Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?

Jawab:

Bunyi yang dihasilkan dari benda-benda dapat tergolong enak didengar atau tidak enak di dengar. Tergolong enak di dengar jika dipukul teratur sehingga menghasilkan bunyi yang teratur dan sebaliknya. Benda-benda tersebut mengeluarkan bunyi karena adanya getaran dengan benda lain.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 15

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?

Jawab: Yang dapat kita lakukan (baik sendiri ataupun dalam kelompok) sehingga alat-alat yang kita mainkan menghasilkan bunyi adalah dengan membuat benda bergetar. Kita dapat melakukannya dengan cara memukul, mengetuk, memetik, dan meniup.

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?

Jawaban, buka DISINI. 

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 4 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku pada pembelajaran 1 di buku tematik siswa halaman 11 12 13 14 15. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga Pembahasan Selanjutnya: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 17 18 19 20 21 29 30 31 32 Pembelajaran 2 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

5 Comments