Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 49 50 52 53 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Pembelajaran 1 Di Buku Tematik

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 SD MI halaman 48 49 50 52 53, Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Rumahku tepatnya pada materi pembelajaran 1 di buku tematik siswa revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 48 sampai 53 secara lengkap.

Selain tumbuhan, hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga keseimbangan dan kelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Seperti yang terjadi pada burung cenderawasih. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 49 50 52 53 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Pembelajaran 1 Di Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 – 49

Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas! Berikanlah pertanyaan tersebut kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Diskusikanlah jawabannya.

Jawaban Contoh Pertanyaan:

  1. Apa nama lain burung Cenderawasih?
  2. Mengapa burung cenderawasih mengalami kelangkaan?
  3. Di mana sajakah habitat burung Cenderawasih?
  4. Apa jenis Cenderawasih yang menjadi identitas Provinsi Papua?

Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.

Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cendrawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cendrawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.

Jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan mengapa burung cendrawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Jawab: Burung Cenderawasih memiliki bulu yang sangat indah, merupakan spesies endemik di pulau Papua, serta memiliki peran penting dalam adat budaya suku-suku di Papua.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Jawab: Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?

Jawab: Untuk melestarikan burung Cenderawasih dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan!

Jawab: Pemanfaatan bulu burung Cenderawasih sebagai hiasan topi dan sebagai burung pairaan sangat membahayakan kelestarian burung Cenderawasih. Untuk mempertahankan burung cenderawasih, dibuka suaka margasatwa untuk melindungi hewan-hewan yang punah.

Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?

Jawab: Perilaku tersebut adalah perilaku yang buruk dan tidak boleh dicontoh. Sesama makhluk hidup, manusia seharusnya bisa saling melindungi.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 50

Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah?

Jawab: Jika burung Cenderawasi punah maka keberagaman satwa indonesia akan berkurang. Mungkin generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih hanya melalui gambarnya saja.

Apa saranmu agar kelestarian burung cendrawasih tetap terjaga?

Jawab:  Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.

Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu lalu buatlah daftar pertanyaan.
Daftarmu harus memuat:

  • Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
  • Manfaat hewan tersebut.
  • Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan tersebut sebagai sumber daya alam.
  • Ciri-ciri hewan atau bagian hewan tersebut.

Diskusikanlah daftar pertanyaanmu dengan gurumu.

Jawab:

Badak Jawa

Daftar pertanyaan dan jawaban:

1. Di mana habitat Badak Jawa?

Jawab: Badak jawa menyukai habitat hutan hujan dataran rendah dan rawa-rawa.

2. Apa manfaat Badak Jawa bagi manusia?

Jawab: Badak Jawa bermanfaat menjaga keseimbangan alam dan keragaman hayati.

3. Bagaimana cara menjaga kelestraian dan keseimbangan Badak Jawa?

Jawab: Dengan memberikan habitat yang sesuai dengan kehidupannya, merawatnya, dan menjaganya dari pemburuan liar agar tidak punah.

4. Apa saja ciri-ciri Badak Jawa?

Jawab: Memiliki rambut terbanyak dibandingkan seluruh sub-spesies badak di dunia. Memiliki telinga yang besar. Memiliki kulit berwarna coklat keabu-abuan atau kemerahan, sebagian besar ditutupi oleh rambut. Memiliki kerut di sekitar matanya. Berkuku Ganjil. Badak Jawa termasuk mamalia berkuku ganjil. Bercula Satu.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 52 – 53

Ayo Membaca

Apakah di lingkunganmu terdapat kupu-kupu? Bacalah teks berikut untuk menambah pengetahuanmu tentang kupu-kupu.

Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu merupakan salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat).

Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk kepompong dan menjadi pupa yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. Setelah beberapa waktu, kupu-kupu dewasa keluar dari kepompong.

Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Bagi petani dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara tetangga.

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?
Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?
2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?
3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan.

Jawab: buka DISINI.

Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk menyayangi dan merawat hewan. Pilihlah satu jenis hewan yang kamu sukai.

Buat posternya dengan memperhatikan kriteria berikut, Poster berisi informasi tentang:

  • Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
  • Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
  • Manfaat hewan tersebut bagi masyarakat sekitarnya.
  • Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihanmu adalah hewan langka).
  • Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
  • Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

Contoh Poster, buka DISINI.

Kerja Sama dengan Orang Tua:

Untuk mengetahui daur hidup tumbuhan kacang, tanamlah biji kacang hijau di rumah bersama orang tuamu! Letakkan dalam gelas plastik bening bekas yang telah diberi kapas, lalu letakkan beberapa butir kacang hijau di atasnya.

Tingkatkan rasa tanggung jawabmu dengan menyiram dan merawatnya setiap hari. Catatlah pertumbuhan biji kacang hijau tersebut selama 6 hari dalam tabel berikut.

Hasil Pengamatan Pertumbuhan Biji Kacang Hijau Selama 6 Hari Tema 3 Kelas 4 Halaman 53

Contoh hasil pengamatan, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 4 SD MI halaman 48 49 50 52 53 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 55 56 57 58 59 60 61 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku