Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28 29 30 31 Pembelajaran 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 halaman 25 26 27 28 29 30 31 pembelajaran 3 subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia di buku tematik siswa revisi terbaru 2018. Silahkan kalian pelajari materi tema 3 Tokoh dan Penemuan subtema 1 kelas 6 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 25 sampai dengan 31 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28 29 30 31 Pembelajaran 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Kita telah mengetahui beberapa tokoh yang berhasil mengubah kehidupan masyarakat dunia berkat penemuannya. Lalu, siapakah tokoh penemu di bidang olahraga?

Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang para tokoh penemu tingkat dunia.

James Naismith

James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 25

Sekarang, kamu akan melakukan beberapa jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Baca informasi yang terdapat di buku tematik. Setelah berlatih, diskusikan hal berikut bersama beberapa teman di kelas!

1. Apakah kamu berhasil mencapai jumlah yang ditentukan saat melakukan Push Up Dan Sit Up? Jelaskan alasannya!

Jawaban : Ya saya berhasil, karena saya mampu melakukan push up dengan jumlah yang di tentukan tanpa istirahat, dan terus dilakukan berulang hingga jumlah yang ditentukan tercapai.

2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?

Jawaban : Saya tidak menemui adanya hambatan atau kesulitan yang berarti dalam melakukan ketiga gerakan tersebut, terkecuali saya melakukannya lebih dari batasan jumlah gerakan saya yang biasa saya lakukan, maka otot yang saya gunakan akan letih dan kram.

3. Bagaimana rencanamu ke depannya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?

Jawaban : Untuk meningkatkan kebugaran tubuh, saya akan menambah gerakan lain selain ketiga gerakan diatas, seperti berlari, jalan cepat, mengkonsumsi makanan sehat seimbang, dan menjaga pola tidur.

4. Bagaimana variasi permainan yang dapat dikembangkan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?

Jawaban : Variasi untuk gerakan push up, pull up, sit up, dan loncat tegak adalah dengan mengabungkannya dalam satu gerakan berkesinambungan, pertama lakukan loncat tegak, kemudian mendarat, dan loncat kembali untuk melakukan pull up 1 kali, selesai pull up langsung duduk dan melakukan gerakan sit up 1 kali, kemudian balikkan badan hingga posisi telungkup dan melakukan push up satu kali, selanjutnya kembali berdiri dan ulangi gerakan diatas.  

Kamu dapat mempraktikkan variasi permainan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (vertical Jump) pada pertemuan berikutnya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6  Halaman 26

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:

Paragraf 1 : Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Paragraf 2: Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik menuju ke gardu-gardu penerima. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3: Arus listrik yang diterima kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik. Rangkaian kabel tersebut umumnya menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Manfaat arus listrik antara lain untuk menyalakan beragam peralatan elektronik. Perbedaan rangkain seri dan paralel adalah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Paragraf 4: Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga kita harus bijaksana saat menggunakan listrik.

Halaman selanjutnya : 1 2

8 Comments