Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 114 115 117 118 119 Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain Pembelajaran 2 Buku Tematik

Kunci jawaban soal Tema 4 Kelas 2 SD/MI halaman 114 115 117 118 119 Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain, tepatnya pada materi pembelajaran 2 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 2 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 114 sampai dengan 119 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2  Halaman 114 115 117 118 119 Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain Pembelajaran 2 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 SD di Halaman 114

Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan nyaring!

Tempat yang Bersih,
Aman untuk Bermain

Tempat bermain harus bersih agar aman untuk bermain. Sampah, genangan air, dan kotoran harus dibuang karena dapat mendatangkan penyakit. Genangan air akan menjadi sarang nyamuk yang dapat menggigit manusia. Gigitan nyamuk tertentu dapat mengakibatkan penyakit demam berdarah.

Keselamatan bermain juga dipengaruhi kebersihan lingkungan. Pecahan kaca dan kerikil yang berserakan harus dibuang. Jika terkena dapat mengakibatkan cidera. Oleh sebab itu, jika ingin bermain aman, kebersihan lingkungan harus diperhatikan. Tempat yang bersih, membuat bermain menjadi aman dan nyaman.

Informasi apa yang kamu peroleh dari teks di atas? Jawaban: Informasi mengenai tempat bermain yang bersih dari penyakit sehingga aman untuk bermain.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 SD di Halaman 115

Ayo Mengamati! Coba amati gambar di bawah dengan teliti!

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain Kelas 2

Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar? Apakah kamu mengerti isi gambar? Jawaban: Informasi mengenai gambar lapangan bola yang bersih, saya mengerti!

Ayo Menulis!

Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu? Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang bersih?

Tempat Bermain yang Bersih

Tempat bermain merupakan tempat yang menyenangkan. Oleh karena itu, tempat bermain harus nyaman. Tempat bermain yang nyaman bebas dari sampah. Tidak ada sampah yang berserakan. Semua sampah dibuang pada tempatnya. Tempat bermain yang bersih juga tidak ada dedaunan kering serta ranting yang berguguran. Bunga-bunga tumbuh subur dan mekar dengan indah.

Berbagai permainan yang ada pun dirawat dengan baik. Permainan tersebut dibersihkan sehingga tidak berkarat. Di tempat bermain juga tidak boleh ada pecahan kaca dan genangan air. Dengan demikian, tempat bermain bebas dari hal yang membahayakan. Bermain menjadi hal yang menyenangkan.

Coba bacakan laporanmu dengan nyaring!

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 SD di Halaman 117

Ayo Mengamati!

Bermain sepak bola ada caranya. Sebelum bermain harus melakukan pemanasan. Salah satu bentuk pemanasan adalah dengan melenturkan tubuh. Melenturkan tubuh berguna untuk menghindari cidera saat bermain.

Tentu kamu masih ingat bagaimana cara melenturkan tubuh. Gerakan melenturkan tubuh dapat dilakukan dalam bentuk permainan. Misalnya saja mengoper bola dari depan ke belakang.

Cara melakukannya:
1. Bagilah temanmu menjadi beberapa kelompok!
2. Semua anggota kelompok baris berbanjar.
3. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu.
4. Anggota terdepan memegang bola dengan kedua tangan.
5. Operkan bola lewat atas kepala dari depan sampai ke belakang.
6. Lakukan perlombaan dengan kelompok lain.
7. Kelompok yang paling cepat mengoper bola sampai ke belakang adalah pemenangnya.

Ayo Mencoba!

Coba lakukan permainan mengoper bola dari depan ke belakang dalam kelompokmu! Bagaimana perasaanmu setelah bermain? Tahukah kamu apa kegunaan permainan yang kamu lakukan?

Jawaban: Perasaan saya sangat senang. Kegunaan permainan ini untuk melatih kemampuan mengoper setiap pemain. Tindakan ini dapat melatih kerjasama tim.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 SD di Halaman 118

Ayo Mengamati!

Permainan mengoper bola dari depan ke belakang membutuhkan kerja sama yang baik. Sikap kerja sama yang baik pantas untuk ditiru. Kerja sama merupakan perwujudan sikap persatuan.

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!

Tahukah kamu olahraga lain yang membutuhkan kerja sama

Tahukah kamu olahraga lain yang membutuhkan kerja sama? Coba diskusikan dengan temanmu!

Isikan hasil diskusimu pada tabel berikut!

NoContoh Olahraga yang Membutuhkan Kerja Sama
1Sepak Bola
2Bola Volly
3Basket
4Futsal
5Bulu Tangkis Beregu/Berpasangan
6Tenis Meja Beregu/Berpasangan

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 SD di Halaman 119

Ayo Berdiskusi!

Sikap apa yang harus dimiliki agar terwujud persatuan ketika bermain dengan teman? Diskusikan dengan temanmu!

NoSikap yang Harus Dimiliki Agar Terwujud Persatuan dalam Bermain
1Saling pengertian
2Kerjasama
3Jujur
4Memberi dukungan kepada teman
5Sportif, mau menerima kekalahan
6Tidak membedakan teman.

Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam kehidupanmu sehari-hari!

Ayo Mencoba!

Adakah pengalamanmu bermain bersama teman? Adakah sikap persatuan yang kamu rasakan? Coba ceritakan pengalamanmu di depan temanmu!

Jawaban: Pengalamanku saat bermain bersama teman rasanya sangat menyenangkan, mengasyikan. Seperti saat bermain sepak bola, kami dalam satu tim bersatu untuk memenangkan pertandingan. Walaupun hasilnya kalah, kami tetap menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada. Dan tim kami berlatih lagi lebih giat agar dapat memenangkan pertandinga selanjutnya. Pengalaman-pengalaman tersebut susah untuk dilupakan. 

Kegiatan Bersama Orang Tua: Orang tua membimbing siswa membiasakan menjaga kebersihan mainan di rumah. Selanjutnya, membimbing siswa agar menjaga kerukunan dan kebersamaan dengan teman ketika bermain.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 4 kelas 2 subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain pada pembelajaran 2 di buku tematik siswa halaman 114 115 117 118 119. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!