Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 3

Kunci jawaban soal Tema 4 Kelas 6 SD/MI Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku, tepatnya pada materi pembelajaran 3 di buku tematik siswa halaman 25 26 27. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 6 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 25 sampai dengan 27 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 3

Jawaban Soal Halaman 25 Tema 4 Kelas 6 SD

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik?
2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?
3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat

Jawaban :

1. SDA yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik antara lain angin, air sungai, dan panas bumi.
2. Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit listrik.
3. Asesuai tegangannya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.
4. Dengan adanya listrik sekarang masyarakat dapat mengakses informasi terbaru yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 26

Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!

Jawaban :

Paragraf 1: Topik Masalah
Peran listrik dalam mendukung terjadinya era globalisasi.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Tegangan listrik dari pusat pembangkit dinaikkan oleh transformator hingga 500 kv, lalu disalurkan melalui sistem transmisi bernama SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) ke berbagai tempat. Setelah itu, energi listrik akan masuk ke gardu induk untuk diturunkan tegangannya menggunakan transformator menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan lagi menjadi 220 v sesuai kebutuhan rumah tangga. Barulah energi listrik dapat disalurkan ke rumah-rumah warga.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Kini masyarakat dapat mengakses informasi terbaru dari berbagai belahan dunia karena adanya listrik.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 SD Halaman 27

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro.
Sekarang, coba tuliskan dengan runtut kelanjutan dari tulisanmu, yaitu tentang proses menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik mikrohidro tersebut. Kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas tulisanmu.

Isi tulisanmu adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggalmu.

Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Jawaban : Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air PLTA, air sungai/waduk masuk melalui pintu yang diatur katup pengaman menuju tangki pengaman tekanan. Kemudian air tersebut dialirkan dari pipa pesat menuju ke turbin melalui katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Turbin akan bergerak karena tekanan air sehingga generator dapat menghasilkan listrik.

Listrik dari PLTA kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator lalu mengalir menuju sistem transmisi. Melalui sistem transmisi ini, listrik disalurkan menuju ke gardu induk di berbagai wilayah. Setelah tegangan listrik diturunkan, listrik kemudian disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan tegangannya menjadi 220 v. Tegangan ini kemudian disalurkan menuju ke rumah-rumah warga.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 4 kelas 6 subtema 1 Globalisasi di Sekitarku pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa halaman 25 26 27. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment