Lengkap! Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78 81

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78 81 Subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem tepatnya pada materi pembelajaran 4 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 78 sampai dengan 81 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78 81

Jawaban Soal Halaman Tema 5 Kelas 5 Halaman 78

Ayo Berlatih

Lihat bacaan Indahnya Kebun Teh di Puncak Bogor ada halaman 77 di buku tematik siswa Subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem. Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.
a. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan berdasarkan bacaan dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat! Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dan ejaan yang tepat.

Jawaban :

1. Di mana letak kawasan Puncak?
2. Kapan perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun?
3. Mengapa kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan?

b. Tuliskanlah dengan rapi pertanyaanmu, dan berikan tempat untuk menjawabnya!

Jawaban :

1. Terletak di kawasan Puncak terletak di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
2. Perkebunan teh di kawasan Puncak dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.
3. Kawasan Puncak sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan karena kawasan ini sejuk bahkan cenderung dingin.

c. Tukarkan daftar pertanyaanmu dengan teman lain yang ada di dalam kelas.
d. Jawablah pertanyaan temanmu dengan menggunakan kalimat lengkap dan ejaan yang benar!

2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kamu lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!

Jawaban : Saya pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada tanggal 29 Oktober tahun 2020. Di kawasan candi tampak sebuah ketampakan buatan yang sangat indah dan megah. Candi ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi serta sarat akan nilai filosofis. Saya dan keluargapun mulai berjalan mengitari candi lalu mulai naik menuju candi tingkat yang paling atas. Dari puncak terlihat ketampakan alam yang berada di sekeliling candi seperti keindahan kota Magelang, bukit-bukit dan pegunungan berbaris seolah-olah mengelilingi candi tersebut.

  • Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 85 87 89
  • Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 94 95 96 97

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 81

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan Bersatu untuk Indonesia Makmur di atas, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.

Jawaban :

a. Tidak terjadi kelangkaan sumber daya alam di suatu daerah karena sumber daya alam tersebar secara merata, pengelolaan sumber daya alam menjadi maksimal karena dikelola bersama-sama, dan kemakmuran masyarakat meningkat.

b. Jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan maka pengelolaan sumber daya alam kurang maksimal, karena sumber daya alam tidak tersebar secara merata dan kemakmuran masyarakat suatu daerah menurun.

c. Misalnya saja antara Kabupaten Purbalingga. Kabupaten ini dikenal akan kota industri yang diantaranya yaitu industri bulu mata. Sementara Kabupaten Banyumas sedikit akan industri bulu mata. Dengan persatuan dan kesatuan serta atas dasar saling membutuhkan, kedua kabupaten ini dapat bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.

2. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian dengan penuh percaya diri.

Ayo Berlatih

1. Sebutkan sikap-sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
2. Bagaimanakah pengaruh letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya yang agraris?

Jawaban :

1. Sikap-sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa seperti bersikap toleransi terhadap sesama, menjaga kerukunan, tidak membuat ujaran kebencian, dan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

2. Letak geografis Indonesia membuat Indonesia mengalami 2 musim yaitu musim kemarau dan hujan serta mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini sangat membantu para petani untuk menggarap sawahnya.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 5 kelas 5 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa halaman 78 81. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!