Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 7 8 9 11 Pembalajaran 1 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 7, 8, 9 dan 11, Pembelajaran 1 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 1 subtema 1 kelas 3 SD/MI dari halaman 7 sampai 11 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 7 8 9 11 Pembalajaran 1 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung.

Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu tersebut berjudul “Rotiku”.

Rotiku
Karya: A.T. Mahmud

Rotiku persegi empat
Kulitnya berwarna coklat
Kututup rapat-rapat
Supaya jangan dimakan lalat

Pola Irama Suatu Lagu

Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.

Baca Juga: Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 23 25 27 28 PB 3 Subtema 1

Ayo Bernyanyi

Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 7

Ayo Membaca

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti teknologi pangan? Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Pembalajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Kelas 3

Teknologi Pangan

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks “Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan? Jawab: Pangan artinya makanan.
2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama? Jawab: Hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama
3. Bagaimana cara mengolah hasil panen? Jawab: Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan.
4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai? Jawab: Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap.
5. Apa manfaat dari teknologi pangan? Jawab: Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama.

Halaman 8

Tuliskan 5 hal yang kamu ketahui setelah membaca teks “Teknologi Pangan”!

Jawab:

  1. Pangan artinya makanan.
  2. Hasil pertanian dan peternakan tidak bisa bertahan lama.
  3. Hasil pertanian dan peternakan diolah dengan menggunakan teknologi pangan.
  4. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama.
  5. Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru.

Halaman 9

Luas Permukaan Suatu Bidang

Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku. Kain menutup seluruh permukaan tahu. Setelah tertutup, kemudian diukur dengan menggunakan satuan luas maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 9

Banyak satuan persegi yang menutup tanpa celah pada suatu tempat menyatakan luas tempat tersebut. Luas suatu tempat dinyatakan dengan banyak satuan persegi yang menutup tempat tersebut tanpa celah.

Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B. Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8. Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi. Berapakah luas dari kain A dan kain B? Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.

Halaman 11

Ayo Berlatih

Amati gambar-gambar di bawah ini. Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.

Amati gambar-gambar di bawah ini Hitunglah luas dari setiap gambar berikut

Luas bidang A adalah …. satuan
Luas bidang B adalah …. satuan
Luas bidang C adalah …. satuan
Luas bidang D adalah …. satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang ….
Luas yang paling besar adalah bidang ….
Bidang …. dan …. pada gambar memiliki luas yang sama.

Jawaban, buka DISINI.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 14 17 18 19 20 Buku Tematik Siswa

Kegiatan Bersama Orang Tua : Orang tua bersama dengan siswa mencoba mengukur luas benda-benda yang ada di rumah, seperti meja makan dengan menggunakan alat ukur tidak baku. Contoh alat ukur tidak baku yang dapat digunakan adalah kertas atau buku.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 7 8 9 11 pembelajaran 1 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!