Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 104 106 107 108 Pembelajaran 2 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Kunci jawaban tema 7 Kelas 4 SD/MI halaman 104, 106, 107 dan 108, pembelajaran 2 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku subtema 3 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 104 sampai dengan 108 secara lengkap.

Keragaman budaya menghasilkan keragaman karya seni. Salah satu contoh karya seni berupa seni rupa.

Ayo Mengamati!

Perhatikan gambar karya-karya seni rupa yang kreatif berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 104 106 107 108 Pembelajaran 2 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Menurutmu, bagaimana cara membuat karya montase, kolase mozaik, dan aplikasi?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 104

Ayo Berdiskusi!

Kamu telah mengamati contoh-contoh karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi. Apa perbedaan karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi? Coba diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusimu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Jawaban Hasil Diskusi : Perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik di atas serta contohnya. Maka bisa kita ketahui kalau yang membedakan di antaranya yaitu dari bahan yang digunakan dan ditempelkan. Kolase dari macam-macam bahan yang tidak sama, montase dengan bahan dari gambar jadi, aplikasi pada kain, lalu mozaik merupakan bentuk susunan dari lembaran bahan yang sama.

Karya montase, kolase, aplikasi, dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis karya tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahanbahan yang ditempelkan beragam. Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar itu dapat diambil dari majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang kita inginkan.

Karya kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu). Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar. Mozaik dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang ditempelkan lebih kecil. Bahan yang digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih menarik, digunakan macam-macam warna. Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 106

Ayo Membaca!

Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik

Mozaik merupakan seni dekorasi dengan merangkai kepingan-kepingan bahan berwarna, seperti keramik, batu, atau kertas. Kepingan-kepingan bahan itu disusun sehingga membentuk suatu gambar. Seorang desainer interior, Alexey Steshak sukses mempercantik tampilan dinding rumahnya dengan karya mozaik bergambar pohon.

Sebelum merangkai kepingan-kepingan keramik, Alexey Steshak terlebih dahulu membuat sketsa gambar pohon di dinding rumahnya. Ia kemudian menempelkan kepingan-kepingan keramik berbagai macam warna seperti hijau, oranye, dan cokelat hingga terbentuklah gambar pohon yang unik dan mempesona.

Ayo Berdiskusi!

Pengetahuan baru apa yang kamu dapat dari teks ‘‘’Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik”? Diskusikan dengan teman sebangkumu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Jawaban Hasil Diskusi: Mozaik merupakan seni dekorasi yang dibuat dengan merangkai kepingan-kepingan bahan berwarna, misalnya saja keramik. Kepingan-kepingan keramik disusun sehingga membentuk suatu gambar. Sebelum merangkai kepingan-kepingan keramik terlebih dahulu membuat sketsa gambar. Kemudian menempelkan kepingan-kepingan keramik berbagai macam warna hingga terbentuklah gambar pohon yang unik dan mempesona.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 107

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan jawaban pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

1. Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia? Jawaban:

Manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari-bagi manusia antara lain :

  • Membantu makhluk hidup dan benda-benda bergerak tanpa tergelincir
  • Menghentikan kendaraan yang sedang bergerak
  • Menciptakan panas seperti pada korek api

2. Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar?

Jawaban: buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 108

Ayo Renungkan !

Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Jawab: Pada hari ini saya telah belajat tentang mengenal jenis karya seni rupa teknik tempel, hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek, dan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.

Apa persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik? Jawab: Persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik keempat karya tersebut dibuat dengan teknik tempel.

Apa perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik? Jawab: Perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik terletak pada bahan pembuatnya

Kerja Sama dengan Orang Tua : Identifikasilah pemanfaatan gaya gesek di lingkungan rumahmu. Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 4 halaman 104 106 107 108 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku pada pembelajaran 2 di buku tematik siswa revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!