Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 5 Halaman 60 61 64 Pembelajaran 5 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 60 61 64 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan tepatnya pada materi pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 60 sampai dengan 64 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 60 61 64 Pembelajaran 5 Subtema 1

Jawaban Soal Tema 7 Kelas 5 Halaman 60

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Jawaban :

Judul Teks :
Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Bagian yang paling menarik :
Dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.

Informasi penting :
– Tanggal 28 Oktober 1928 diucapkan ikrar Sumpah Pemuda.
– Perbedaan-perbedaan yang ada bersatu dan melebur dalam ikrar sumpah pemuda.
– Organisasi yang bersifat kedaerahan bersatu dalam satu wadah, yaitu organisasi Indonesia Muda.
– Ikrar Sumpah Pemuda berpengaruh besar terhadap organisasi pergerakan.
– Ikrar Sumpah Pemuda menimbulkan semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.

Pendapat saya tentang teks ini :
Teks yang sangat bagus karena menjelaskan pentingnya persatuan dalam menggapai cita-cita, yaitu Indonesia merdeka. Ikrar Sumpah Pemuda membawa perubahan yang sangat besar dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari penjajahan.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena
Saya menyarankan teks ini karena menceritakan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam usaha melepaskan diri dari penjajahan. Dengan didasari nilai Persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda, akhirnya cita-cita bangsa Indonesia tersebut dapat tercapai dalam beberapa tahun kemudian.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 61

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Jawaban :

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda

1. Tanggal 28 Oktober 1928 muncul tekad bersama untuk bersatu dan mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada.
2. Setelah Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam ikatan kebangsaan.
3. Pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah bangsa.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 64

Ayo Menulis

Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Jawaban : Saya terharu, karena perjuangan para pahlawan yang tanpa henti berjuang untuk negara indonesia agar sehingga negara kita tidak lagi dikuasai oleh negara lain.

Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Jawaban : Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan nada Do=G dengan birama 4/4. Con Bravura yang berarti dibawakan dengan semangat menggelora.

Apakah lirik lagu “Indonesia Raya” mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan? Jelaskan!

Jawaban : Ya, Lagu Indonesia Raya mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, karena lagu Indonesia dinyanyikan pertama kali pada saat Sumpah Pemuda 1928, dimana dalam ikrar Sumpah Pemuda timbul kebulatan tekad untuk bersatu dan mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada, serta didukung oleh berbagai kelompok/organisasi kedaerahan yang bersatu.

Jelaskan isi lagu tersebut dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban : Pada stanza 1 terdapat kalimat Marilah Kita Berseru Indonesia Bersatu. Dalam kalimat ini terdapat makna penyemangat dan seruan bagi Indonesia yang saat itu belum merdeka. Pada stanza ke-2 terdapat kalimat Marilah Kita Mendoa, Indonesia Bahagia. Makna yang mendalam terkandung di dalam lirik di atas, dimana bermakna landasan spiritual dengan selalu mendoakan Indonesia yang bahagia. Stanza 3 (tiga) terdapat sumpah dan amanat agraria yang diselipkan di dalam lirik Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sumpah setia terucap dalam lirik Marilah Kita Berjanji, Indonesia Abadi. Sedangkan amanat agrarian terdapat dalam lirik yang berbunyi Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah Putranya, Pulaunya, Lautnya, Semuanya. Kata-kata ini mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk selalu menjaga Indonesia beserta apa yang ada didalamnya.

Lihat pembahasan soal pembelajaran 6 lengkap DISINI

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 5 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada pembelajaran 5 di buku tematik siswa halaman 60 61 64. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.