Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 23 24 25 26 28 29 30 Pembelajaran 3 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Kunci jawaban tema 8 Kelas 4 SD/MI halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29 dan 30, pembelajaran 3 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 23 sampai dengan 30 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 23 24 25 26 28 29 30 Pembelajaran 3 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Bali sangatlah terkenal hingga di luar negeri sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bali memiliki potensi pariwisata, seperti wisata alam, wisata seni, dan budaya. Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten dan 1 daerah kota.

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Wilayah Kabupaten Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai. Selain itu, Tabanan terkenal sebagai penghasil beras dan sayuran. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

Ayo Membaca

Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.

  1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
  2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
  3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 23 – 24

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.
1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?

Jawab: Penduduk di suatu daerah cenderung memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhannya. Karena kekayaan alam suatu daerah dengan daerah lain berbeda, menyebabkan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya. Selain itu, keadaan lingkungan suatu daerah juga memengaruhi jenis pekerjaan penduduknya.

2. Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda?

Jawab: Masyarakat di desa bekerja sebagai petani karena banyak lahan pertanian yang tersedia. Sedang penduduk di kota lebih banyak bekerja sebagai pekerja jasa karena di kota merupakan pusat pemerintahan dan perdagangan.

3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi?

Jawab: Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. Petani di daerah dataran rendah menanam padi dan palawija. Sedangkan petani di daerah dataran tinggi menanam sayuran seperti kol, wortel, bawang, dan kubis.

4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.

Jawab: Pekerja jasa adalah orang-orang yang memberikan pelayanan sesuai keahlian yang dimiliki. Contoh dari pekerja jasa yaitu, dokter, guru, penjahit, konsultan, dan pengacara.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 25 – 26

Ayo Mengamati

1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 siswa. Pilihlah teman yang tempat tinggalnya dekat dengan rumahmu.
2. Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan?
3. Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu.
4. Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu. Buatlah seperti contoh berikut.
5. Kumpulkan hasilnya kepada guru.

Laporan Hasil Percobaan

NoAspekKeterangan
1NamaDayu
2KelasIV
3AlamatDesa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
4Nama daerah tempat tinggalkuDesa Panelokan
5Tempat tinggalku termasuk daerahDataran Tinggi
6Mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalkuPetani
7Transportasi penduduk di lingkungan tempat tinggalkuNaik Sepeda
8Kesenian di lingkungan tempat tinggalkuTarian adat Bali, pertunjukan dan seni ukir

Saat libur sekolah, Dayu dan keluarganya berlibur ke rumah nenek. Rumah nenek Dayu berada di Banjar Bukit Catu, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Dayu senang menghabiskan waktu bersama neneknya. Nenek Dayu suka bercerita. Kali ini, nenek Dayu akan menceritakan tentang asal mula Bukit Catu. Bacalah cerita berikut.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 28

Ayo Membaca!

Bacalah cerita dengan judul Asal Mula Bukit Catu di halaman 26 sampai 27!

Dalam cerita tersebut terdapat tiga tokoh. Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh merupakan salah satu unsur pembangun cerita. Tokoh mengemban peristiwa dalam cerita sehingga peristiwa tersebut mampu terjalin sebagai cerita. Selain itu, tokoh berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.

Jawablah pertanyaan berikut. Kemudian, bacakan hasil tulisan jawabanmu di depan kelas.
1. Siapa tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu”? Jawab: Tokoh dalam cerita berjudul ”Asal Mula Bukit Catu” adalah suami, istri, dan penduduk desa.

2. Apa saja peranan tokoh dalam cerita tersebut? Jawab: Dalam cerita berjudul Asal Mula Bukit Catu, tokoh suami, istri, dan penduduk desa memiliki peranan sebagai pengemban peristiwa dalam sebuah cerita sehingga peristiwa tersebut mampu terjalin sebagai cerita. Selain itu, mereka juga berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.

3. Apa pesan yang terdapat pada cerita tersebut? Jawab: buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 29

Dayu sangat senang mendengarkan cerita nenek. Bahkan, seluruh keluarga Dayu juga suka mendengarkan cerita. Saat nenek bercerita, semua anggota keluarga berkumpul dan mendengarkan dengan tenang.

Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas 4

Ayo Berlatih
1. Amatilah gambar di atas.
2. Apa keragaman yang terdapat pada gambar?

Jawaban: buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 30

Ayo Mengamati
1. Amatilah keragaman fisik dalam keluargamu.
2. Lengkapi tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu

Jawab: (contoh)

No. Anggota Keluarga Warna Kulit Jenis Rambut Tinggi Badan Berat Badan
1. Ayah Sawo Matang Lurus 175 cm 76 kg
2. Ibu Kuning Langsat Lurus 162 cm 55 kg
3. Kakak Sawo Matang Lurus 150 cm 48 kg
4. Saya Sawo Matang Lurus 144 cm 35 kg
5. Adik Kuning Langsat Lurus 110 cm 33 kg

3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu.

Kesimpulan : baca DISINI.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Dalam keluargamu, pasti terdapat keragaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keragaman yang ada? Jelaskan alasannya.

Kerja Sama dengan Orang Tua : Lakukan wawancara kepada kedua orang tuamu. Tanyakan mengenai cerita rakyat yang ada di daerahmu. Tulislah ceritamu dalam buku tugas. Bacakan hasilnya di depan teman-temanmu.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 23 24 25 26 28 29 30 pembelajaran 3 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!