Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 40 41 42 47 48 50 51 Pembelajaran 5 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Kunci jawaban tema 8 Kelas 4 SD/MI halaman 40, 41, 42, 47, 48, 50, dan 51, pembelajaran 5 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 40 sampai dengan 51 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 40

Keluarga besar Beni berasal dari Medan, Sumatra Utara. Namun, Ayah dan Ibu Beni merantau dan menetap di Jakarta. Ada juga paman Beni yang merantau ke Jambi. Paman Beni bernama Tagor. Tahukah kamu Pulau Sumatra?

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 40 41 42 47 48 50 51 Pembelajaran 5 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

1. Lingkarilah letak tempat tinggal paman Tagor di Jambi! Lingkarilah tempat tinggal keluarga besar Beni di Medan!
2. Carilah gambar peta Indonesia. Kemudian, lingkarilah letak daerah tempat tinggalmu.

Jawab:

Lingkarilah letak tempat tinggal paman Tagor di Jambi

Beni dan keluarga mengunjungi Paman Tagor. Paman Tagor tinggal di Jambi. Rumah Paman Tagor di lingkungan perkotaan. Meskipun di kota, lingkungan rumah Paman Tagor bersih dan asri. Masih banyak pohon di lingkungan tempat tinggal Paman Tagor.

Paman Tagor tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Anak paman Tagor bernama Gultom dan Puspa.

Pembelajaran 5 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 41

Ayo Berlatih

Amatilah gambar di atas. Identifikasilah keragaman karakteristik individu pada gambar di atas. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawab: 

Karakteristik Individu Keluarga Paman Tagor

NoAnggota KeluargaKarakteristik Individu
1Paman TagorUsia dewasa, tubuh gemuk pendek, rambut hitam ikal pendek, kulit kuning langsat, suku Batak.
2BibiUsia dewasa, rambut hitam panjang terurai, mata sipit, tubuh kurus, suku Batak.
3GultamUsia kanak-kanak, rambut ikal, suku Batak.
4PuspaUsia remaja, rambut hitam lurus dikepang, mata sipit, suku Batak.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang keragaman karakteristik individu. Kamu telah mempelajari karakteristik individu yang berupa keragaman fisik dan keragaman kegemaran di lingkungan keluarga. Sekarang, mari kita pelajari keragaman sifat individu? Apa saja sifat individu yang telah kamu ketahui? Amatilah gambar-gambar berikut.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 42

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut. Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar.

Jawab: buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 47 – 48

Beni senang berlibur di rumah Paman Tagor. Paman Tagor memiliki banyak koleksi buku. Buku-bukunya disimpan di perpustakaan. Beni sering diajak oleh Gultom dan Puspa untuk membaca buku di perpustakaan rumahnya. Mereka sangat senang membaca buku cerita. Salah satu buku cerita yang mereka sukai berjudul Kisah Putri Tangguk. Tahukah kamu tentang cerita tersebut? Bacalah cerita berikut.

Ayo Membaca! Bacalah cerita berjudul “Kisah Putri Tangguk“, di buku tematik halaman 44 sampai 45.

Dalam cerita terdapat tokoh yang memiliki sifat baik hati. Tokoh seperti itu disebut protagonis. Ada pula tokoh yang memiliki sifat jahat. Tokoh bersifat jahat disebut antagonis. Tahukah kamu siapa tokoh protagonis dan tokoh antagonis pada cerita di atas? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Tokoh protagonis : tokoh yang memiliki sifat baik hati.
Tokoh antagonis : tokoh yang memiliki sifat jahat.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita berjudul Kisah Putri Tangguk tersebut.
1. Apa jenis cerita fiksi berjudul Kisah Putri Tangguk?
2. Siapa tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk?
3. Siapa tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita di depan?
4. Siapa tokoh protagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.
5. Siapa tokoh antagonis dalam cerita di depan? Jelaskan alasanmu.

Jawab:

1. Cerita berjudul Kisah Putri Tangguk termasuk dalam cerita rakyat, yaitu legenda.
2. Tokoh dalam cerita berjudul Kisah Putri Tangguk, yaitu Putri Tangguk, Suami Putri Tangguk,dan Si sulung anak putri Tangguk

Jawaban lengkap soal diatas, buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 50 – 51

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu ”Injit-Injit Semut” bersama teman satu kelas. Perhatikan terlebih dahulu cara gurumu menyanyikan lagu tersebut dengan benar.

Ayo Berlatih

1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.
2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!
3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!
4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!
5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!

Jawaban lengkap soal no 1-5, buka DISINI.

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Jawab: Hari ini saya telah belajar tentang keragaman karakteristik individu berdasarkan ciri fiksi dan tempo pada lagu.
Apa keragaman sifat yang ada dalam keluargamu? Jawab: Keragaman sifat yang ada dalam keluargaku misalnya ada yang pemalas, suka menolong, rajin belajar, dan rajin ibadah.
Apa manfaat keragaman sifat dalam keluargamu? Jawab: Manfaat keragaman sifat dalam keluargaku diantarnya adalah dapat memahami sifat antar anggota keluarga dan memupuk rasa saling menghormati dan menghargai.

Kerja Sama dengan Orang Tua : Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mencatat syair lagu daerah yang dinyanyikan oleh orang tuamu. Sekarang, mintalah kepada orang tuamu untuk mengajarimu menyanyikan lagu daerahmu.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 40 41 42 47 48 50 51 pembelajaran 5 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!