Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 61 63 64 65 66 67 68 69 70 71 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Kunci jawaban tema 8 Kelas 4 SD/MI halaman 61 63 64 65 66 67 68 69 70 dan 71, pembelajaran 1 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Silahkan kalian pelajari materi tema 8 Daerah Tempat Tinggalku subtema 2 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 61 sampai dengan 63 secara lengkap.

Siti berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Siti bercerita tentang daerah asalnya. Bersama Siti, mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 61

Ayo Mengamati

Siti menunjukkan beberapa foto yang diambil saat dia mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. Inilah foto-fotonya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 61 63 64 65 66 67 68 69 70 71 Pembelajaran 1 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Setiap daerah pasti memiliki keunikan tersendiri. Termasuk daerah tempat tinggalmu. Tahukah kamu, apa keunikan daerah tempat tinggalmu? Tuliskan keunikan daerah tempat tinggalmu dalam kolom berikut. Keunikan yang kamu tulis dapat berupa keunikan fisik, seperti sungai, gunung, sawah, dan bentuk rumah. Dapat juga berupa keunikan sosial budaya, seperti adat istiadat, seni, dan bahasa.

Jawab keunikan daerah tempat tinggalku :

Saya Tinggal di lingkungan yang masih asri. Ada aliran sungai di dekat perbatasan desa, masih banyak lahan persawahan dan perkebunan dan masyarakat hidup dengan rukun dan damai.

Namun sayangnya sebagian masyarakat masih suka membuang sampah di sungai. Meskipun sudah disediakan tempat pembuangan sampah, kesadaran masyarakat masih kurang.

Salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan adalah candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal usul terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah cerita rakyat yang populer di Yogyakarta. Bagaimana isi cerita tersebut? Mari kita simak bersama.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 63 – 64

Ayo Membaca

Bacalah teks cerita berjudul “Roro Jonggrang” di halaman 61-63!

Cerita berjudul ”Roro Jonggrang” termasuk cerita fiksi. Sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang cerita fiksi. Masih ingatkah kamu mengenai cerita fiksi? Untuk mengukur pemahamanmu mengenai cerita fiksi, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang dimaksud dengan cerita fiksi? Jelaskan!

Jawab: Cerita fiksi atau rekaan sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita fiksi diolah berdasarkan pandangan, tafsiran, dan penilaian pengarang mengenai peristiwa-peristiwa, baik yang pernah terjadi secara nyata maupun hanya dalam khayalan pengarang. Cerita fiksi dinikmati pembaca sebagai sarana hiburan.’

2. Sebutkan tokoh utama pada bacaan berjudul ”Roro Jonggrang” di atas!

Jawab: Tokoh utama pada cerita berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

3. Sebutkan tokoh tambahan pada bacaan berjudul ”Roro Jonggrang” di depan!

Jawab: Tokoh tambahan pada cerita berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Bi Sumi, para dayang, dan pasukan jin.

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata yang selalu dipadati wisatawan. Oleh sebab itu, kebersihan kawasan Candi Prambanan harus selalu dijaga. Pengelola selalu mengupayakan kebersihan kawasan candi.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 65 – 66

Ayo Mencoba

Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut. Pengaruh apa yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukan percobaan berikut untuk mengetahui macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.

Percobaan 1

Menendang dan Menghentikan Bola

Langkah kegiatan
1. Siapkan sebuah bola sepak.
2. Lakukan kegiatan berpasangan bersama temanmu.
3. Letakkan bola di lantai.
4. Tendang bola ke arah temanmu.
5. Minta temanmu menghentikan gerakan bola.

Hasil Percobaan:
1. Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan!

Jawab: Bola yang ditendang akan mengalami perubahan dari diam menjadi bergerak.

2. Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan? Jelaskan!

Jawab: Bola yang dihentikan akan mengalami perubahan dari bergerak menjadi diam.

3. Kamu menggerakkan bola dengan gaya. Temanmu menghentikan gerakan bola dengan gaya. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

Kesimpulan: buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 67 – 68

Percobaan 2

Menarik Mobil Mainan

Langkah kegiatan 2:
1. Siapkan sebuah mobil mainan.
2. Ikat bagian depan mobil mainan dengan seutas tali.
3. Tarik mobil mainan perlahan, lalu semakin lama semakin cepat.
4. Tarik mobil mainan lurus ke depan, lalu belokkan arah mobil mainan.

Soal dan Jawaban berdasarkan percobaan:
1. Apakah terdapat perubahan pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat? Jawab: Ya, terdapat perubahan pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat.

2. Perubahan apa yang terjadi pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat? Jelaskan! Jawab: Mobil mainan digerakkan dari lambat ke cepat. Terjadi perubahan kecepatan pada gerakan mobil mainan.

3. Kamu menarik mobil mainan dari lambat ke cepat dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini? Jawab: Gaya dapat memengaruhi kecepatan mobil mainan.

4. Apakah terdapat perubahan pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan? Jawab: Ya, terdapat perubahan pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan.

5. Perubahan apa yang terjadi pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan? Jelaskan!
6. Kamu menarik mobil mainan dari lurus, lalu berbelok dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

Jawaban soal no 5 dan 6, buka DISINI.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 69

Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Berikut beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
1. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
2. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
3. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
4. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.

Kamu telah mengetahui beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. Sekarang, sebutkan contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya.

  1. Bola yang awalnya diam akan bergerak ketika ditendang.
  2. Besi akan awalnya diam jika didekatkan dengan magnet maka akan tertarik dan menempel pada magnet.
  3. Biji karambol berubah arah setelah dipukul.
  4. Mobil berbelok setelah kemudi diputar ke kanan atau kekiri.
  5. Kiper menepis bola yang diarahkan ke gawang.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 70 – 71

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? Tuliskan dalam kotak di bawah ini! Jawab: Hari ini saya telah belajar tentang teks fiksi, gaya dan Gerak.

Materi apa yang sudah kamu pahami dengan baik? Jelaskan! Jawab: Materi yang sudah saya pahami dengan baik adalah teks fiksi.

Materi apa yang masih belum kamu pahami? Jelaskan! Jawab: Materi yang belum saya kuasai dengan baik adalah tentang gaya dan gerak.

Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut mengenai materi yang telah dipelajari? Jawab: Saya ingin mengetahui lebih banyak pengaruh gaya terhadap benda.

Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Beri tanda centang pada kotak didekat gambar sesuai perasaanmu.

Beri tanda centang pada kotak didekat gambar sesuai perasaanmu

Kerja Sama dengan Orang Tua : Carilah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu. Ceritakan kepada kedua orang tuamu. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 61 63 64 65 66 67 68 69 70 71 pembelajaran 1 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di buku tematik siswa revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!