Kunci Jawaban Tematik Tema 8 Kelas 6 Halaman 114 115 117 118 119 Pembelajaran 4 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI halaman 114, 115, 117, 118 dan 119, pembelajaran 4 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 4 subtema 3 kelas 6 SD dari halaman 114 sampai 119 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 114 115 117 118 119 Pembelajaran 4 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 114

Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?

Jawaban :

Persamaan :
Kedua negara tersebut sama-sama negara agraris, yaitu negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani.

Perbedaan :
Negara Laos tidak memiliki laut, sedangkan negara Filipina memiliki laut. Selain itu Wilayah Laos terkurung daratan, sedangkan Filipina terkurung lautan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 115

Ayo Mengamati

• Carilah informasi tambahan dari berbagai sumber tentang kondisi geografis Laos dan Filipina.
• Bacalah informasi tentang kehidupan perekonomian dan hasil utama di kedua Negara tersebut.
• Analisislah dan carilah hubungannya.

Tuliskan hasil analisismu dalam bentuk uraian . Tentukan kata kunci dan gagasan utamanya terlebih dahulu sebelum kamu menguraikan hasil analisismu.

Jawaban :

Hasil Analisisku

Kata Kunci : Kondisi geografis dan perekonomian
Gagasan utama : Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Perekonomian.

Keadaan alam negara Laos :
Wilayah Laos terkurung daratan dan bergunung-gunung. Laos memiliki barisan pegunungan lipatan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara dengan puncak gunung tertinggi adalah Gunung Bia (2.819 m). Pegunungan Annam membujur di sebelah Timur, dan Plato Boloven terdapat di bagian Selatan. Lembah sungai Mekong di bagian Barat yang mengalir di wilayah Laos dan bermuara di Teluk Tonkin, merupakan daerah yang subur, dan merupakan penghasil beras.

Perekonomian Laos :
Laos merupakan negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah sektor pertanian yang banyak diusahakan di sekitar sungai Mekong. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan.

Keadaan Alam Filipina :
Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Daratan Filipina bagian dari pegunungan vulkanis. Puncak-puncak pegunungan tersebut sebagian besar berada di bawah permukaan laut. Kepulauan Filipina termasuk rangkaian Sirkum Pasifik. Maka dari itu, negara ini memiliki banyak gunung api seperti Gunung Mayon di Pulau Luzon, dan Gunung Apa di Pulau Mindanao.

Perekonomian Philipina
Sekitar 45 persen wilayah darat negara Filipina dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Filipina adalah negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah bidang pertanian. Kegiatan penduduk yang lain adalah di bidang perdagangan, industri, dan pertambangan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 117

Ayo Mencoba

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan di atas.
Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 118

Ayo Mengamati

Carilah contoh-contoh hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi. Carilah informasi dari berbagai sumber dan sajikan informasi yang kamu temukan dalam bentuk informasi visual atau infografis.

Jawaban :

contoh-contoh hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi dalam bentuk informasi visual

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 119

Ayo Berdiskusi

Petani Imam Kusno adalah salah satu contoh petani yang berhasil. Petani merupakan salah satu profesi yang ditekuni oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas lima siswa. Bersama dengan kelompokmu, identifikasikan macam-macam mata pencaharian yang dapat kamu temukan di lingkungan sekitarmu. Carilah sedikitnya lima jenis mata pencaharian yang berbeda.

Analisislah setiap jenis mata pencaharian tersebut dan identifikasikan bagaimana seseorang dengan menjalani mata pencaharian tersebut berinteraksi dengan lingkungan alamnya. Lalu, tentukan beberapa aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Jawaban :

No. Jenis Mata Pencaharian Interaksi dengan Lingkungan Alam Aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup
1. Petani Petani yang menyesuaikan musim hujan sebagai waktu menanam padi Menggunakan pestisida sesuai aturan dan menggunakan pupuk organik
2. Nelayan Nelayan menyesuaikan waktu berlayar agar didapat hasil tangkapan yang maksimal Menggunakan jaring dengan lobang besar dan tidak menggunakan bahan peledak
3. Penambang Pasir Penambang pasir mengambil pasir setelah banjir Tidak mengambil pasir berlebihan dan mengambil pasir jauh dari jembatan
4. Petambak Ikan bandeng diberi makan sehingga menjadi besar Tidak merusak hutan bakau dan dan tidak menggunakan bahan kimia dalam mengolah tambak
5. Peternak Sapi Sapi dipelihara dan dirawat sehingga menjadi gemuk Menanami lahan dengan tanaman rumput gajah

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa halaman 114 115 117 118 119. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.