Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57 58 60 Pembelajaran 1 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 SD/MI Halaman 57 58 60 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya tepatnya pada materi pembelajaran 1 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 6 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 57 sampai dengan 60 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57 58 60 Pembelajaran 1 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 57

Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini!

Jawaban :

Paragraf 1
Gagasan utama : Faktor-faktor penyebab banjir.
Informasi penting :
– Musim hujan, curah hujan meningkat
– Rendahnya kesadaran masyarakat
– Pendangkalan dan penyempitan badan sungai

Paragraf 2
Gagasan utama : Permukiman di bantaran Sungai Ciliwung.
Informasi penting :
– Penertiban permukiman liar di bantaran sungai Ciliwung
– Resiko permukiman di bantaran sungai

Paragraf 3
Gagasan utama : Banjir dan longsor akibat pembangunan tidak mengindahkan topografi.
Informasi penting :
– Di Manado, banjir dan longsor akibat pembangunan kota
– Banyak bukit dan lereng diubah jadi perumahan

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”.

Jawaban : Bencana banjir sering menimpa masyarakat Indonesia, terutama pada musim penghujan. Pada musim penghujan, rata-rata curah hujan di Indonesia cukup tinggi, sehingga potensi terjadinya banjir lebih tinggi dari pada musim kemarau. Potensi banjir ini diperparah dengan pola hidup masyarakat Indonesia, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan masih rendah, seperti membuang sampah sembarangan di sungai. Pembuangan sampah di sungai ini diperparah dengan adanya pendangkalan dan penyempitan badan sungai yang diakibatkan banyaknya permukiman di bantaran sungai.

Permukiman di bantaran sungai menjadi masalah klasik yang terus terjadi. Salah satu daerah permukiman yang cukup parah adalah permukiman di bantaran sungai Ciliwung. Penertiban permukiman di bantaran sungai sering dilakukan oleh pemerintah, namun belum membuahkan hasil yang memuaskan. Setiap musim penghujan tiba, bisa dipastikan permukiman warga di bantaran sungai Ciliwung akan tenggelam karena banjir. Hal ini tentu sangat berbahaya.

Selain itu, banjir juga dapat disebabkan pembangunan yang tidak mengindahkan topografi suatu lingkungan. Di Manado, pemukiman banyak didirikan di daerah perbukitan karena dataran rendah sangat sedikit. Hal ini menyebabkan tanah menjadi sulit untuk menyerap air yang pada akhirnya banjir jadi mudah terjadi.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 58

Ayo Mencoba

Perhatikan artikel di bawah. Mintalah temanmu membacakan artikel tersebut untukmu! Catatlah kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari artikel yang dibacakan oleh temanmu tersebut. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

KOMPAS.com – Banjir yang melanda Mojokerto, Senin (27/3/2017), menyebabkan lumpuhnya kegiatan aktivitas belajar-mengajar di Kecamatan Mojoanyar.

Di Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, siswa SMP Negeri 2 Mojoanyar diliburkan karena banjir setinggi 80 sentimeter masuk hingga dalam ruang kelas dan guru. Banjir ini merupakan genangan paling tinggi dibandingkan banjir sebelumnya.

“Ini sudah dua kali dalam dua tahun terakhir banjir yang paling tinggi. Banjir ini kiriman dari luberan kali di depan yang sudah tidak dapat menampung lagi karena hujan terus-terusan sejak Minggu sore,” kata Ngateman, penjaga SMP Negeri 2 Mojoanyar, Senin.

Selain di SMP Negeri 2, aktivitas belajar-mengajar juga diliburkan di SD Negeri Gebangmalang 1, SD Negeri Gebangmalang 2 dan SMK Negeri 1 Mojoanyar.

Banjir di Mojokerto disebabkan hujan deras selama dua hari berturut-turut hingga Minggu (26/3/2017) malam.

Jawaban :

Kata Kunci Akibat Banjir

Informasi Penting :
– Lumpuhnya kegiatan aktivitas belajar-mengajar di Kecamatan Mojoanyar.
– Siswa SMP Negeri 2 Mojoanyar diliburkan karena banjir
– Banjir disebabkan hujan deras selama dua hari berturut-turut
– Banjir ini kiriman dari luberan kali
– Aktivitas belajar-mengajar juga diliburkan di SDN Gebangmalang 1 dan 2.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 60

Gagasan utama yang aku dapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh temanku:

Jawaban : sesuai dengan apa yang dibaca temanmu.

Gagasan utama yang aku dapatkan setelah membaca bacaan dalam hati:

Jawaban :

Paragraf 1 : Perbedaan musim di negara trpois dan subtropis
Paragraf 2 : Pengaruh arah dan kecepatan angin terhadap musim
Paragraf 3 : Muka bumi memiliki ciri khas masing-masing

Berdasarkan teks bacaan “Ada Dua, Ada Empat”, jelaskan penyebab terjadinya perbedaan musim di Bumi!

Jawaban : Penyebabnya karena perbedaan musim di dunia akibat kemiringan poros bumi.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD Subtema 2 Bumiku dan Musimnya pada pembelajaran 1 di buku tematik siswa halaman 57 58 60. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.