Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 187, 191, 192, 194 dan 195 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar Pembelajaran 5

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI halaman 187, 191, 192, 194 dan 195 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar soal pembelajaran 5. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 5 subtema 3 kelas 6 SD dari halaman 187 sampai 195 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 187, 191, 192, 194 dan 195 Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 187

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu, gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas. Dari diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang memuat tokoh, masa, penemuan dan dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikan gambar yang unik yang membedakan antara satu masa ke masa yang lainnya. Gunakan kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Jawaban :

kesimpulan dari bacaan menyibak rahasia di angkasa luar dari masa ke masa

Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.

Jawaban : Dampak penemuan terhadap kehidupan antara lain,

– Membantu manusia dalam memecahkan suatu persoalan.
– Mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas.
– Meningkatkan efektivitas dan efisiensi.
– Tingkat interaksi manusia lebih mudah dan cepat.
– Peningkatan kegiatan ekonomi.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 191 sampai 192

Ayo Menulis

Sebuah cerita bisa memiliki persamaan serta perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kita tonton. Setelah membaca tentang cerita di atas, coba lakukanlah kegiatan berikut.

a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita tersebut dalam tulisan satu paragraf. Serta jelaskanlah alasan kamu menyukai hal tersebut.

b. Jelaskanlah persamaan serta perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau peristiwa yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakanlah diagram venn di bawah ini sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lainnya juga. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 194

Ayo Mencoba

Perhatikan dengan baik contoh di atas. Terdapat banyak alat dan bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kendaraan angkasa luar. Ingatlah, bahwa roket bukan satu-satunya kendaraan luar angkasa. Jika kamu melakukan riset kecil, ada banyak jenis dan rupa kendaraan angkasa luar yang sudah dibuat manusia.

Kali ini kamu dapat mengembangkan imajinasimu seluas-luasnya untuk merancang dan membuat sebuah kendaraan angkasa luar. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang yang ada di sekitarmu yang sudah tidak terpakai. Nah, bersama teman sebangkumu, cobalah untuk melakukan riset guna merancang kendaraan angkasa luar sesuai imajinasimu. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Gambarlah kendaraan angkasa luarmu sesuai imajinasimu.
2. Carilah bahan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Gunakan bahan yang tidak terpakai dari rumahmu, misalnya kertas karton bekas, plastik bekas botol minuman atau wadah deterjen, sedotan, tutup botol, baik tutup botol plastik maupun tutup botol yang terbuat dari bahan lain.
3. Tentukan alat yang akan kamu gunakan untuk merangkai bahan-bahan tadi. Bahan dari kertas mungkin memerlukan lem kertas, atau lem kayu yang lebih kuat. Bahan plastik mungkin memerlukan staples, atau tali pengikat dari plastik atau kawat. Semuanya harus dicoba.
4. Tentukan ukuran kendaraan angkasa luar yang akan kamu buat. Pecah bagian-bagian kendaraan tersebut yang berbeda bentuk. Misalnya ada bentuk tabung, kerucut, segitiga atau bentuk lainnya. Pikirkan bagaimana kamu akan membuat bentuk-bentuk tiga dimensi tersebut.
5. Pikirkan apakah kendaraanmu harus dapat didirikan atau tidak perlu berdiri. Hal ini memengaruhi rancangan yang kamu buat dan bahan yang kamu perlukan.
6. Cobalah mulai membuat kendaraan angkasa luar rancanganmu, dan lihatlah hasilnya.
7. Tunjukkanlah rancangan dan hasil rancanganmu di depan kelas. Jelaskan alasanmu memilih rancangan tersebut dan pengalamanmu menentukan alat dan bahan serta cara membuatnya. Jelaskan juga kesulitan-kesulitan yang kamu hadapi dan caramu mengatasinya.

Jawaban :

Gambarlah kendaraan angkasa luarmu sesuai imajinasimu

Alat: Gunting, penggaris, isolasi, dan double tape.
Bahan: Botol bekas minuman dan kertas karton.

Cara membuat:
1. Bungkus badan botol dengan kertas karton, dan kemudian rekatkan dengan double tape.
2. Buat bagian ekor dan sayap menggunakan gulungan kertas kemudian satukan.
3. Hias pesawat dengan gambar tempel.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 195

Ayo Renungkan

Menurutmu, siapakah tokoh penemu angkasa luar yang paling kamu kagumi? Mengapa? Nilai dan sikap apa saja yang dapat kamu ambil dari penemu idolamu itu?

Jawaban : Menurut saya tokoh penemu angkasa luar yang paling dikagumi yaitu Niklas Kopernikus. Karena beliau yang mengembangkan teori heliosentrisme Tata Surya dalam bentuk yang terperinci, sehingga teori tersebut bermanfaat bagi sains. Sikap dan keterampilan yang dapat saya ambil yaitu tekun, bekerja keras, dan tidak gampang menyerah.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD pembelajaran 5 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar di buku tematik siswa halaman 187 191 192 194 195. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.