Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 196, 197, 199, 200 dan 203 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar Pembelajaran 6

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI halaman 196, 197, 199, 200 dan 203 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar soal pembelajaran 6. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 6 subtema 3 kelas 6 SD dari halaman 196 sampai 203 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 196, 197, 199, 200 dan 203 Subtema 3 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 196 sampai 197

Ayo Berlatih

Setelah membaca keterangan singkat tentang kegiatan para ilmuwan untuk menjelajah angkasa luar di atas, buatlah beberapa pertanyaan tentang segala hal yang ingin kamu ketahui tentang kehidupan para astronaut. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan untuk didiskusikan dengan teman sekelasmu.

Jawaban :

1. Apa yang terjadi pada tubuh saat di luar angkasa? (jika tidak menggunakan pakaian khusus tubuh akan membeku, karena di luar angkasa sangat dingin)

2. Jelaskan bagaimana cara astronot tetap dapat beraktivitas di luar angkasa? (astronot memiliki pakaian khusus yang disesuaikan dengan kondisi luar angkasa)

3. Pada saat di luar angkasa bolehkah kita membawa nasi dan roti? (nasi, roti, dan lainnya tidak boleh dibawa ke pesawat luar angkasa. Pasalnya, remahan-remahan yang ditimbulkannya akan melayang dan bisa menyangkut di mesin pesawat.)

Cari tahu penemuan-penemuan apa saja yang telah dilakukan sebelum mengirimkan manusia ke angkasa luar. Hal-hal berhubungan dengan segala sesuatu yang diperlukan agar para astronaut itu bisa hidup dan beraktivitas di angkasa luar dan kembali ke Bumi dengan selamat. Gunakan tabel di bawah ini untuk membantumu. Lihatlah contoh yang telah dibuatkan untukmu.

Jawaban :

Kegiatan atau kebutuhan dasar para astronaut Cara memenuhinya di luar angkasa
Bagaimana para astronaut makan? Para astronot makan makanan khusus yang sudah dikemas di bumi.
Bagaimana para astronaut tidur? Para astronot tidur menggunakan kantung tidur yang ditempelkan pada dinding.
Bagaimana cara astronot mandi? Para astronot tidak mandi namun menggunakan spons untuk membersihkan diri.
Bagaimana para astronot buang air besar? Mereka buang air besar di WCS dengan menggunakan selang masing-masing.
Bagaimana para astronot buang air kecil? Waste Containment System menyediakan seperti selang yang disambungkan ke toilet.
Bagaimana para astronot sikat gigi? Para astronot menyikat gigi hampir sama dengan di bumi hanya tanpa air.

Apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi seorang Astronaut?

Jawaban : Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), syarat menjadi Astronaut antara lain
1. Harus mempunyai negara sebagai dasar hukum.
2. Latar belakang pendidikan, seperti syarat lulusan teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer, atau matematika.
3. Minimal memiliki setidaknya pengalaman tiga tahun bekerja di bidang terkait jurusan yang sesuai setelah lulus.
4. Lulus dari tes fisik calon Astronaut NASA.
5. Memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bekerja dalam tim, kemampuan komunikasi yang baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 199 sampai 200

Ayo Menulis

Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.

b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

Jawaban :

yuk kerja bakti tema 9 kelas 6 halaman 199

c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.

Jawaban : Persamaan antara teks fiksi dan pengalaman pribadi pada cerita di atas adalah kerja bhakti sama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan. Perbedaan sedangkan perbedaannya adalah pada teks cerita fiksi kerja bhakti dilakukan untuk menghadapi musim hujan. Sedangkan pada pengalaman pribadi kerja bhakti dilakukan untuk menghadapi peringatan kemerdekaan.

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.

Jawaban :
Bagian tengah : Tak lama kemudian, kerja bakti dimulai. Semua orang yang ikut serta bekerja bakti dibagi dalam beberapa kelompok, ada kelompok yang membersihkan selokan, kelompok yang mencabuti rumput, mengumpulkan sampah. Mereka bekerja dengan senang hati dan suasana begitu akrab. Romi, Adi, dan Budi yang kebagian membersihkan selokan bekerja dengan penuh semangat. Karena terlalu bersemangat sehingga Adi sempat tercebur ke dalam selokan yang berair. Romi dan Budi segera menolong Adi dan melanjutkan pekerjaan mereka sampai selesai.

e. Lipatlah kertas ukuran A4 menjadi dua bagian sama besar. Pada sisi kanan gambarkanlah cerita fiksi dengan gambar yang jelas dan mewakili. Di sisi kiri, gambarkan pengalamanmu yang membedakannya dengan cerita fiksi di atas.
f. Presentasikan cerita baru dan gambarmu kepada teman-teman sekelasmu dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 203

Ayo Berdiskusi

Bacalah kembali cerita fiksi tentang kerja bakti di atas dengan saksama. Analisislah cerita tersebut dengan menjelaskan usaha peningkatan persatuan dan kesatuan beserta akibat-akibat yang ditimbulkannya dalam sebuah tabel.

Jawaban :

Usaha Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Akibat yang Ditimbulkan
Pak RT mengajak warganya untuk bekerja bakti membersihkan lingkungan hari Minggu ini.
  1. Kebersihan lingkungan terjaga.
  2. Terhindar dari berbagai penyakit.
  3. Persatuan dan kesatuan warga tetap terjaga.
Romi ikut kerja bhakti bersama ayahnya.
  1. Mengenal semua tetangganya.
  2. Menumbuhkan sikap peduli lingkungan.
  3. Menjaga persatuan dan kesatuan.
Ibu-ibu dan anak perempuan menyiapkan makanan.
  1. Kebutuhan makanan peserta kerja bhakti terjamin.
  2. Meningkatkan kepedulian lingkungan.
  3. Silaturahmi tetap terjaga.

Ayo Renungkan

1. Nilai dan sikap apa sajakah yang menurutmu perlu dimiliki oleh seorang astronaut yang akan tinggal di Angkasa luar dalam waktu yang lama?
Jawaban : Nilai kepemimpinan, mampu bekerja dalam tim, dan berkomunikasi dengan baik.

2. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan selama pembelajaran kali ini?
Jawaban : Sikap percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama, serta keterampilan menceritakan, membuat patung konstruksi dengan tema, menyusun skenario.

3. Hal-hal apa sajakah yang perlu kamu tingkatkan?
Jawaban : Hal yang masih perlu ditingkatkan diantaranya adalah membuat patung konstruksi sesuai dengan tema.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD pembelajaran 6 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar di buku tematik siswa halaman 196 197 199 200 203. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.