Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 105 106 107 109 111 112 Pembelajaran 1 Subtema 3 Ayo Memimpin

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 105 106 107 109 111 112 Subtema 3 Ayo Memimpin tepatnya pada materi pembelajaran 1 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 6 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 105 sampai dengan 112 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 105 106 107 109 111 112 Pembelajaran 1 Subtema 3 Ayo Memimpin

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 105 sampai 106

Lihat dan baca cerita Semut dan Belalang di buku tematik siswa.

1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
3. Bagaimana cara Semut bekerja?
4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?

Jawaban :

1. Kelompok Semut sedang bekerja mengumpulkan bahan makanan untuk bekal persediaan. Hal tersebut dilakukan karena pada musim dingin sulit untuk mencari makanan, jadi mereka mencari makanan saat makanan berlimpah dan mengumpulkannya.
2. Menurutku sikap Belalang itu pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut.
3. Semut bekerja secara bersama-sama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir makanan untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari tempat makanan menuju sarang, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah dan cepat selesai.
4. Nilai yang dapat diteladani yaitu nilai persatuan dan kesatuan, kerja keras dan pantang menyerah, serta gotong royong dan kepemimpinan.

Tulislah jawabanmu pada bagan di bawah ini. Tuliskan jawaban pada nomor yang sesuai. Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Jawaban : Dari cerita tersebut dapat kita pelajari bahwa dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai, pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong atau kerjasama, bekerja keras pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

Ayo Mengamati

Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di musim dingin. Untuk mengatasinya, semut bekerja di musim panas agar mereka tidak kelaparan di musim dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Jawaban :

Kelebihanku : (silakan kalian pilih)
– Pantang menyerah
– Rasa ingin tahu yang tinggi
– Toleran
– Mudah bergaul
– Humoris

Kekuranganku : (silakan kalian pilih)
– Menunda pekerjaan
– Ceroboh
– Pelupa
– Penakut
– Malas

Apa yang akan aku lakukan dengan kelebihan dan kekuranganku?

Jawaban : Saya akan menggunakan prinsip SWOT, (Strengths: kekuatan, Weaknesses: Kekurangan, Opportunities: peluang, dan Threats: ancaman dalam menggapai cita-cita atau apa ykng menjadi harapan saya. Dengan Kekuatan atau kelebihan saya akan mampu mengambil keuntungan dari peluang yang ada, serta bagaimana cara mengatasi kelemahan atau kekurangan yang saya punya, yang mana kekuatan atau kelebihan saya tersebut mampu mengatasi atau menghadapi segala tantangan atau ancaman.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 107

Ayo Berdiskusi

Menyadari kekurangannya, Semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa tidak mungkin dapat mengumpulkan makanan tanpa bekerja sama.

Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan hasilnya dengan teman sebelahmu.

Jawaban : Kegiatan di Sekolah yang membutuhkan gotong royong meliputi gotong royong dalam persiapan upacara bendera, dalam piket kelas, mengerjakan tugas kelompok, dan gotong royong dalam mengumpulkan dana untuk korban bencana.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 109

Baca sekali lagi isi pidato Pak Badru. Tuliskan pesan-pesan yang kamu temukan!

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 111

Ayo Mencoba

Pidato Pak Badru di dalam teks sungguh menggugah. Bisakah kamu membuat teks pidato seperti itu?

Kamu bisa merancang teks terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai teks pidato. Dengan topik ‘Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama’, buatlah rancangan teks pidato untuk disampaikan di depan teman kelasmu. Rancangan berisi tentang pentingnya bemusyawarah.

Jawaban :

Topik : “Bermusyawarah untuk kepentingan bersama”

Salam pembuka
Berisikan kalimat sapaan. Seperti selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain.

Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Pidato kali ini akan membahas topil Bermusyawarah untuk kepentingan bersama.

Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap mengenai musyawarah. Kalimat ajakan/ bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan musyawarah.

Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

Salam penutup
Berisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 112

Ayo Renungkan

• Mengapa gotong royong dan musyawarah penting dalam kehidupan?
• Materi apa yang paling menarik untuk dipelajari hari ini? Mengapa?

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 6 Subtema 3 Ayo Memimpin pada pembelajaran 1 di buku tematik siswa halaman 105 106 107 109 111 112. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.