Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 130 131 132 Pembelajaran 5 Subtema 3

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 130 131 132 Subtema 3 Ayo Memimpin tepatnya pada materi pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 6 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 130 sampai dengan 132 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 130 131 132 Pembelajaran 5 Subtema 3

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 130

Ayo Berdiskusi

1. Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti Beni?
2. Sikap apa yang tidak pantas ditiru dari cerita Beni di atas?
3. Sikap apa yang dapat ditiru dari cerita Beni di atas?

Jawaban :

1. Ya, saya pernah mengalami kejadian seperti Beni.
2. Sikap yang tidak boleh ditiru adalah bermalas-malasan dan suka menunda-nunda pekerjaan yang dilakukan Beni.
3. Sikap yang perlu ditiru seperti
– Sikap patuh kepada orang tua, Beni menuruti dan menyanggupi permintaan ibunya.
– Sikap bertanggung jawab, walaupun terburu-buru Beni tetap mengerjakan tugas yang diberikan.
– Sikap berjiwa besar, Beni mau mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 131

Ayo Menulis

1. Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupanmu sehari-hari.
2. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan keadilan di lingkungan sekitarmu.

Jawaban :

1. Penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupan sehari-hari seperti,
– Ayah memberi uang saku secara adil kepada saya dan saudara-saudara yang lain.
– Berusaha menolong orang lain di sekitar kita sesuai dengan kemampuan kita.
– Bergotong royong membuat kue yang akan diberikan pada teman yang sakit pada saat menjenguknya.
– Belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha dengan sebaik-baiknya saat ada Pekerjaan Rumah.

2. Menurut saya pelaksanaan keadilan disekitar lingkungan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya terjadi perselishan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 132

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 2, kamu telah membuat peta pikiran tentang menghadapi masa pubertas. Sekarang, presentasikan hasil karyamu di depan teman-teman dan Bapak/Ibu guru. Lakukan secara bergantian. Berikan apresiasi kepada temanmu yang sedang mempresentasikan karyanya.

Lihat gambar peta pikiran DISINI

Ayo Mencoba

Hari ini kamu akan berpidato dengan menggunakan teks pidato yang sudah kamu buat. Kamu pun akan mempraktikkan nilai-nilai kepemimpinan karena kamu akan memimpin sepuluh orang teman kelasmu.

Pilihlah tempat untuk berpidato di hadapan teman-temanmu itu. Berpidatolah dengan lantang, percaya diri, dan penuh semangat, namun tetap harus santun.

Jawaban :

Topik
“Pemuda Calon Pemimpin Bangsa”

Salam Pembuka
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pendahuluan
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. Pada pundak pemuda, bangsa ini menaruh harapan dalam meIanjutkan pembangunan. Salah satu pemicu keberhasilan pembangunan adalah adanya jiwa kepemimpinan pada setiap generasi.

Inti
Pemimpin pada hakekatnya merupakan seseorang yang mempunyai peranan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Semua orang berhak menjadi pemimpin asalkan mereka disiplin, saling bekerjasama dan toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.

Disiplin merupakan kesadaran untuk mematuhi aturan yang berlaku, sehingga kita sebagai pemimpin bisa menjadi contoh bagi anggota. Kerjasama dan toleransi juga diperlukan karena kita sebagai manusia tidak bisa berdiri sendiri, kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. Ada hal penting dalam bekerjasama, yaitu tanggungjawab. Tanpa tanggungjawab harapan pekerjaan menjadi kurang lancar. Gunakan kearifan untuk memposisikan diri dan tim sehingga kita dapat berhasil.

Selain itu kita harus tetap konsisten, jika tidak pekerjaan kita bisa hancur. Kita harus bisa menyelesaikan masalah dengan tuntas dan yang terakhir kita harus membiasakan hidup dengan persiapan yang matang, apa yang akan dikerjakan esok hari harus dipersiapkan sebelumnya. Jika ada pekerjaan, rencanakan waktu pengerjaannya sehingga selesai tepat waktu. Marilah mulai mengoreksi dan berbenah diri untuk menuju masa depan yang gemilang

Penutup
Dari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka dapat saya simpulkan bahwa generasi muda merupakan calon pemimpin bangsa. Seorang pemimpin yang baik sebaiknya memiliki sikap disiplin, saling bekerjasama, toleransi, bertanggungjawab, mudah berkomunikasi, bijaksana, dan konsisten.

Salam Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Kerjasama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, tuliskan sikap-sikapmu dalam menghadapi masa pubertas. Tuliskan hasil diskusimu untuk diserahkan kepada bapak/ibu guru.

Jawaban : Sikap atau cara yang bijak dalam menghadapi masa pubertas yaitu, tenang dan percaya diri karena perubahan yang terjadi, berperilaku jujur, terbuka, dan berkomuikasi baik dengan orang tua, menjaga kebersihan tubuh khusunya organ reproduksi, membekali diri dengan ilmu serta wawasan dalam memilih pergaulan karena masa puber yang cenderung dengan perubahan emosi dan mental, dan mencari dari berbagai sumber ilmu seputar pubertas untuk menambah informasi serta pengalaman.

Demikian pembahasan secara lengkap jawaban soal tema 7 kelas 6 Subtema 3 Ayo Memimpin pada pembelajaran 5 di buku tematik siswa halaman 130 131 132. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.