Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 18 20 22 23 25 Pembelajaran 2 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI halaman 18, 20, 22, 23 dan 25 pembelajaran 2 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 2 subtema 1 kelas 6 SD dari halaman 18 sampai 25 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 18 20 22 23 25 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 18

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca dan memahami bacaan “Mengenal Tata Surya”. Sekarang lakukanlah kegiatan kelompok berikut ini. Kamu juga dapat mencari informasi dari sumber lain seperti internet atau surat kabar.

1. Bagilah kelas menjadi delapan kelompok sesuai dengan jumlah planet dalam tata surya dan Matahari.
2. Setiap kelompok akan mendapatkan bagian untuk menemukan informasi penting dari semua planet dalam sistem tata surya dan Matahari.
3. Dengan menggunakan kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut:

a. Gambar planet atau Matahari.
b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi.
c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.

Lihat jawaban soal di atas lengkap DISINI

Ayo Menulis

Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di mana, dan Bagaimana.

Gunakan kata-kata tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.

Jawaban :

1. Apa nama planet yang terjauh jaraknya dari matahari?(Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus)
2. Mengapa planet-planet dalam tata surya tidak saling bertabrakan? (planet-planet tetap mengelilingi matahari dan tidak terjadi tabrakan karena matahari mempunyai gaya gravitasi terhadap planet serta planet beredar pada orbitnya)
3. Siapa yang mendapat sebutan Bapak Sains Modern yang telah menemukan Saturnus dengan lingkar cincinnya? (Galileo Galilei)
4. Kapan kita bisa melihat planet Merkurius? (setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit)
5. Di mana letak posisi planet Merkurius jika dilihat dari jarak terdekat dengan Matahari dibandingkan dengan planet lain dalam tata surya? (posisi nomor 1)
6. Bagaimana cara manusia mempelajari tata surya (Manusia mempelajari sistem tata surya melalui penelitian)

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 20

Ayo Mencoba

Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Bekerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3–4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkanlah hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas. Jelaskanlah bagaimana kelompokmu membuatnya dan jelaskanlah urutan dalam sistem tata surya dengan percaya diri.

Jawaban :

Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 22

Ayo Menulis

Kamu telah membaca cerita fiksi “Tetaplah Berada di Jalurmu!” Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan mengunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 23

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut. Tempelkan cerita pendek tersebut pada sebuah karton ukuran A3. Bacalah dengan saksama cerita tersebut. Lalu, gambarkanlah tokoh utama, satu tokoh tambahan, dan tempat dalam cerita tersebut. Tuliskan juga jalan cerita dari cerpen tersebut. Ceritakanlah cerpen temuanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Jawaban :

Kancil dan Kura-kura

Dahulu kala, ada seekor kancil yang populer karena kesombongannya. Ada seekor kura-kura yang pernah diejeknya lamban dan bodoh, menantang si kancil sombong untuk adu lari cepat. Sebenarnya kura-kura tidak mau berurusan dengan kancil, tapi ia ingin memberinya sedikit pelajaran.

Dengan penuh percaya diri, kancil menyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.

Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kancil. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kancil yang sombong itu.

Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kancil pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatan larinya.

Karena merasa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kancil sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu

Tokoh utama :
Kancil dan Kura-kura
Tokoh tambahan :
Monyet dan hewan lain
Tempat cerita :
Hutan

carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 25

Sebelumnya, kamu telah memahami tentang interval atau selang nada. Dengan menggunakan pemahamanmu tentang interval nada, lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu.

1. Perhatikan dengan saksama setiap baris lagu “Ambilkan Bulan Bu”.
2. Tentukan interval nada pada setiap barisnya dengan menentukan nada pangkal, nada selang, nama kuantitas intervalnya.
3. Nyanyikanlah lagu tersebut dengan penuh penghayatan.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pada pembelajaran 2 di buku tematik siswa halaman 18 20 22 23 25. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.