Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49 Pembelajaran 4 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI halaman 42, 43, 46, 48 dan 49 pembelajaran 4 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 4 subtema 1 kelas 6 SD dari halaman 42 sampai 49 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49 Keteraturan yang Menakjubkan

Kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 sampai 43

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan.

A. Membuat Peta Pikiran
Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:

1. Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik dampak positif maupun dampak yang merugikan yang perlu diwaspadai.
2. Menjelaskan contoh setiap dampak yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai.
3. Tulisan dan gambar keseluruhan harus jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

Jawaban :

Peta pikiran dampak modernisasi terhadap masyarakat

B. Membuat Kliping Dampak Modernisasi

Secara Sosial Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut. Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.

1. Gunakan surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
2. Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana.
3. Jangan lupa mencantumkan sumbernya.
4. Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 46

Ayo Menulis

Dalam sebuah cerita fiksi biasanya terdapat satu tokoh utama dan satu atau lebih tokoh tambahan. Tokoh keduanya biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut. Kita juga dapat menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama dalam cerita fiksi. Peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama. Lakukanlah kegiatan berikut ini dengan mengikuti petunjuknya.

1. Sediakan kertas ukuran A4 atau folio. Gunakan format diagram berikut ini untuk menuliskan tokoh utama, tokoh tambahan, watak, dan tempat terjadinya cerita fiksi “Proyek Rino”.
2. Pada tempat yang disediakan, tuliskan isi cerita dari cerita fiksi di atas.

Jawaban :

tokoh utama tokoh tambahan watak dan tempat terjadinya cerita fiksi Proyek Rino

Isi Cerita :

Rino berpikir keras setelah mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet. Kak Argia mencari cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet karena semua yang dapat terhubung dengan internet itu sesuai dengan usia Rino.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca cerita fiksi yang berjudul “Proyek Rino.” Dari cerita tersebut, adakah hal yang mirip dengan keadaan atau peristiwa yan terjadi dalam kehidupanmu sendiri? Hal penting apa sajakah yang dapat kamu dapatkan dari cerita tersebut? Bagaimana cara kita dalam menggunakan kemajuan teknologi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa? Ceritakanlah kepada teman sebangkumu!

Jawaban : Hal penting yang saya dapatkan adalah pemanfaatan teknologi untuk menyelesaikan masalah. dan bijak menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi dapat kita gunakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Misalnya dengan adanya telepon genggam kita dapat terhubung dengan saudara-saudara kita yang ada di seluruh Indonesia dari Sabang sampai merauke. Dengan adanya komunikasi yang baik tentunya persatuan dan kesatuan bangsa akan semakin terbina dengan baik. Hindari menyebarkan hoax yang mudah memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 48 sampai 49

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?
2. Apa makna persatuan kesatuan bangsa menurutmu sendiri?
3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?
4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikanlah beberapa contoh!
5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

Jawaban :

1. Maknanya yaitu negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

2. Menurut pendapat saya, makna persatuan yaitu utuh atau tidak terpecah belah serta rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa.

3. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Pada masa perjuangan kemerdekaan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

4. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini terus dipelihara, karena sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki ratusan suku dan adat budaya. Dengan tetap adanya persatuan maka rasa kebersamaan, sikap toleransi, kekeluargaan dan saling melengkapi akan tetap terjaga.

Contohnya seperti, tidak membeda-bedakan suku, ras, ataupun agama yang akan membuat perpecahan, dan mempelajari seni budaya dan kearifan lokal demi menjaga budaya Indonesia dari pengaruh gempuran budaya asing.

5. Judul : Racikan Toleransi di Semangkuk Soto Kudus
Sumber : www.liputan6.com

Makna persatuan dan kesatuan dalam berita :
– Tak hanya warga Kudus yang menikmati soto dan pindang kerbau, ada pula yang datang dari Jakarta.
– Soto Kudus merupakan akulturasi Tiongkok dan nusantara.
– Soto Kudus merupakan simbol nyata toleransi di Tanah Air.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa halaman 42 43 46 48 49. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.