Lakukanlah Wawancara Dengan Orang yang Memahami Cara Perawatannya

Lakukanlah wawancara dengan orang yang memahami cara perawatannya! Tulislah hasil wawancara yang telah kamu lakukan! Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 3 SD/MI di buku paket tematik siswa halaman 111. Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Menyayangi Tumbuhan.

Lakukanlah Wawancara Dengan Orang yang Memahami Cara Perawatannya

Ayo Membaca! Bacalah teks dibawah ini!

Siti sangat senang dengan bunga melati. Siti membeli bibit bunga melati. Dia ingin menanamnya di dalam pot. Siti belum tahu cara menanam bunga melati. Siti pergi ke perpustakaan sekolah. Di sana, dia menemukan buku yang dibutuhkan. Buku tentang cara menanam melati di dalam pot.

Berikut petunjuk perawatan melati yang Siti baca:
1. Siapkan pecahan batu bata merah atau pecahan genting. Susun di dasar pot.
2. Campurkan pasir, tanah, dan pupuk kandang. Masing-masing dengan bagian yang sama. Isikan pada sepertiga bagian pot. Letakkan di atas lapisan pecahan batu bata merah atau genting.
3. Masukkan bibit melati. Sisakan media lama yang masih menempel. Tujuannya agar tanaman dapat beradaptasi dengan media baru.
4. Tambahkan campuran pasir, tanah, dan pupuk kandang. Jangan isi pot sampai penuh. Sisakan 2 cmdari bibir pot untuk memudahkan penyiraman.
5. Pastikan tanaman dapat berdiri kokoh.
6. Siram tanaman dengan air secukupnya.
7. Bersihkan bagian luar pot dari kotoran. Letakkan pot di tempat yang diinginkan.

Ayo Menulis!

Siti ingin mengetahui cara merawat bunga mawar. Ia mendatangi penjual bunga untuk bertanya tentang cara perawatan bunga mawar. Jika kita ingin mengetahui perawatan suatu tanaman, kita harus bertanya kepada orang yang memahaminya. Tanaman apa yang ingin kamu ketahui perawatannya?

Lakukanlah wawancara dengan orang yang memahami cara perawatannya! Tulislah hasil wawancara yang telah kamu lakukan!

Jawaban Contoh Hasil Wawancara :

Narasumber : Pak Sulaiman (pemilik kebun bunga anggrek)
Pewawancara : Edo

Tanaman anggrek adalah tanaman yang hidup dengan cara menumpang hidup pada tumbuhan inangnya. Tetapi tanaman anggrek menumpang hanya untuk mendapatkan cahaya, bukan untuk mengambil makanan inangnya. Anggrek merupakan tumbuhan autotrof atau tumbuhan yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contoh tumbuhan anggrek adalah anggrek bulan.

Cara menanam bunga anggrek melekat pada pohon atau papak pakis. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pilihlah anggrek berbatang sedang agar batang bunga anggrek tidak patah.
  2. Tempelkan anggrek pada papan pakis atau pohon yang dikehendaki sebagai tempat bersandarnya bunga anggrek.
  3. Batang anggrek tersebut diikat pada pohon atau papan pakis menggunakan tali atau apapun yang tidak menimbulkan karat.
  4. Akar pakis akan tumbuh dan melekat pada akar pakis atau pohon tempat dia menempel. Jika akar telah melekat kuat, lepaskan tali dan diganti kawat sepanjang kira-kira 5-8 cm dan dibentuk U. Fungsi kawat ini menggantikan tali yaitu menjaga anggrek menempel kuat pada pohon atau papan pakis.

Cara merawat bunga anggrek pun mudah. Berikut ini caranya :
1. Melakukan penyiraman
2. Berikan sinar matahari yang cukup
3. Menjaga kelembapan lingkungan tumbuhan dan media tanam
4. Berikan pupuk agar tanaman tumbuh subur