Laporan Hasil Wawancara Tuliskan Pada Tempat yang Tersedia! Kelas 3

Laporan hasil wawancara tuliskan pada tempat yang tersedia! Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 116, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Energi Alternatif di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Laporan Hasil Wawancara Tuliskan Pada Tempat yang Tersedia! Kelas 3

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentangĀ Lamanya Beni bermain layang-layang! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati!

Gerak Angin sebagai Energi Alternatif

Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka memilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup.

Angin diperlukan untuk menerbangkan layanglayang. Angin sedang sangat baik untuk bermainlayang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.

Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.

Ayo Berlatih!

Cobalah mewawancarai teman atau orang dewasa di sekitarmu!
Tanyakan beberapa hal berikut ini!
1. Apakah mereka mengetahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB)?
2. Darimana mereka mengetahui hal tersebut?
3. Apa keuntungan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?
4. Apa kesulitan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?

Tuliskan laporan hasil wawancara pada tempat yang tersedia!

Jawaban hasil wawancara:

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang ternyata mereka sudah mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu. Mereka mengetahui PLTB dari beberapa sumber seperti buku dan juga dari Internet. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu memang sangat mengunungkan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu memiliki sumber energi yang jumlahnya besar dan terus menerus ada di alam. Namun sayangnya untuk menghasilkan energi alternatif dari Angin membutuhkan biaya yang sangat besar. Sampai dengan saat ini masih belum banyak digunakan karena membutuhkan biaya yang besar.

Sampaikan laporan hasil wawancara di depan teman-temanmu!