Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Bulan Tema 8 Kelas 6

Laporan kegiatan percobaan peristiwa gerhana bulan mencakup judul, identitas kelompok, tujuan, alat, dan bahan, langkah kegiatan, hasil kegiatan, dan kesimpulan, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 84, tepatnya pada materi pembelajaran 5 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya.

Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Bulan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal kartu informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 84

Ayo Mencoba

Bekerjalah bersama kelompokmu. Lakukan kegiatan percobaan “Peristiwa Gerhana Bulan.” Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan ikuti urutan kegiatannya secara runut.

Jawaban :

Laporan Kegiatan Percobaan Peristiwa Gerhana Bulan

Kelompok : Kelompok 1
Tujuan Percobaan : Memahami proses terjadinya gerhana bulan dan penyebabnya.

Alat dan bahan :
1. Senter
2. Bola sepak
3. Bola tenis.

Langkah-langkah Percobaan:
1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan!
2. Bagilah peran untuk tiap anggota kelompok: 1 orang sebagai Matahari (memegang senter), 1 orang sebagai Bumi (memegang bola), 1 orang sebagai Bulan (memegang bola tenis), 1 orang sebagai pengarah, dan 1 orang sebagai pengamat dan pencatat.
3. Lakukan kegiatan di dalam ruangan gelap atau sedikit cahaya.
4. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari.
5. Anggota kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya.
6. Amati peristiwa yang terjadi pada kegiatan percobaan tersebut.

Hasil Percobaan :
1. Tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang gelap adalah bulan (bola tenis) tampak gelap.
2. Gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan adalah sebagai berikut.

Gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan

3. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan? Gerhana bulan terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.
4. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan? Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda.
5. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan? Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap.

Kesimpulan :
Dari pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda. Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap.

Ayo Mengamati

Perhatikan peta pikiran di atas. (halaman 84)
Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis.

Lihat peta pikiran dan penjelasannya DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 84 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: