Lima Informasi Penting Dari Bacaan Kalender Masehi dan Hijriah

Lima informasi penting dari bacaan kalender masehi dan kalender hijriah, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 122, tepatnya pada materi pembelajaran 5 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Lima Informasi Penting Dari Bacaan Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 4 di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusi bumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusi bulan) digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

1. Tahun Masehi
Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi (waktu yang diperlukan Bumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi adalah 365 1/4 hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.

2. Tahun Hijriah
Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi). Kala revolusi bulan adalah 29 1/2 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 1/2 hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut. (baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 122

Lima Informasi Penting dari Bacaan Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Jawaban :

1. Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan.
2. Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari, dan satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan.
3. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi).
4. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4.
5. Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan.

Dengan menggunakan informasi penting yang kamu temukan, buatlah ringkasan bacaan dengan menggunakan kalimatmu sendiri.

Kesimpulanku : Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan. Tahun Masehi disebut juga sebagai tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar yaitu Raja dari kerajaan Romawi. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan. Dalam kalender Masehi terdapat tahun Kabisat. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi empat. Terdapat juga tahun Kabisat dalam penanggalan Hijriah. Tahun Hijriah disebut juga tahun Komariyah atau tahun bulan.

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang. Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender. Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah.

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Kertas gambar A3
Pensil warna/spidol warna
Kalender Masehi dan Kalender Hijriah sebagai acuan.

Lihat jawaban di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 122 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: