Macam-Macam Penyakit Menular dan Tidak Menular Beserta Contohnya

Apa saja macam-macam penyakit menular dan tidak menular ? Sebelum mempelajari topik pembahasan ini, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu pengertian penyakit menular dan tidak menular.

Jenis-Jenis atau Macam2 Penyakit Menular

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular Pasal 4, penularan penyakit disebabkan oleh penyakit menular langsung serta penyakit menular vektor dan binatang pembawa penyakit.

Macam-Macam Penyakit Menular dan Tidak Menular
https://denotasi.com/

Penyakit menular vektor adalah penyakit yang ditularkan oleh serangga, misalnya nyamuk. Selain nyamuk, terdapat binatang pembawa penyakit. Artinya, binatang yang tidak menyebabkan penyakit, tetapi mampu menyebarkan penyakit.

Contoh binatang pembawa penyakit, yaitu burung, anjing, dan tikus. Daftar sebagian penyakit menular langsung serta penyakit menular melalui vektor dan binatang pembawa penyakit dapat kamu cermati pada contoh berikut ini.

Penyakit Menular Langsung : Difteri, Tetanus, Polio, Campak, Typhoid, Kolera, Rubella, Influenza, Miningitis, Tuberkulosis, Hepatitis, Infeksi saluran pencernaan dan Infeksi saluran pernapasan.

Contoh Penyakit Menular melalui Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit : Malaria, Demam berdarah, Chikungunya, Rabies, Pes, Toxoplasma, dan Flu burung (Avian influenza)

Dari daftar contoh penyakit menular diatas, kamu dapat membedakan penyakit menular secara langsung atau penyakit menular yang disebabkan oleh vektor (serangga) dan binatang pembawa penyakit. Bersikaplah waspada terhadap penularan penyakit.

Sebagai upaya pencegahan, kamu perlu membiasakan pola hidup sehat. Misalnya, rajin mencuci tangan setelah beraktivitas. Pembiasaan ini sebagai wujud pemeliharaan karunia Tuhan berupa tubuh sehat dan bugar.

Dua penyakit menuar yang banyak memakan korban adalah demam berdarah dan chikungunya. Lalu apa perbedaan Demam Berdarah Dengue dan Chikungunya?

Aedes aegypti dan Aedes albopictus merupakan pembawa virus yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan chikungunya. Meskipun disebabkan jenis nyamuk sama, DBD berbeda dengan chikungunya.

DBD berasal dari virus dengue yang terdiri atas empat jenis, yaitu DEN-1, DEN 2, DEN-3, dan DEN-4. Chikungunya disebabkan virus chikungunya.

DBD dan chikungunya memiliki gejala berbeda. Penderita DBD mengalami siklus dalam tiga fase, yaitu fase demam, fase kritis, dan fase pemulihan. Gejala khas DBD, yaitu demam tinggi, timbul bintik merah, penurunan trombosit, dan peningkatan hematokrit.

Pada kulit penderita DBD, tampak bintik-bintik pendarahan. Penderita DBD dapat mengalami pendarahan di gusi, hidung, dan usus. Chikungunya diawali dengan gejala pusing, meriang, demam, bintik-bintik merah pada kulit, dan mual. Penderita chikungunya juga merasakan nyeri pada persendian sehingga sulit bergerak.

Jenis-Jenis Penyakit Tidak Menular

Setelah mengetahui pengertian penyakit dan tidak menula, lalu apa sajakah macam-macam penyakit tidak menular?

“World Health Organization (WHO) menyatakan kematian akibat penyakit tidak menular terus meningkat. Di Indonesia, angka kematian karena penyakit tidak menular juga meningkat”.

Penyakit tidak menular bisa muncul akibat pola hidup tidak sehat atau faktor keturunan. Contoh penyakit tidak menular antara lain diabetes, rematik, sariawan, hipertensi, osteoporosis, depresi, keracunan, penyakit jantung, kanker, stroke, ambien, usus buntu, asam lambung, gagal ginjal, asam urat, tumor, obesitas, vertigo, migrain, kolesterol, tipes, dan penyakit paru-paru.

Salah satu sumber informasi tentang penyakit menular dan penyakit tidak menular adalah internet. Agar pengetahuanmu tentang penyakit menular dan penyakit tidak menular makin meningkat, lakukan penelusuran internet.

Ringkaslah informasi penting dari artikel tentang penyakit menular dan penyakit tidak menular yang ditemukan pada laman di internet. Catatlah materi penting yang terdapat pada laman tersebut. Gunakan informasi pada laman tersebut sebagai sumber belajar.

Kesimpulan :

Penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan agen biologi (seperti virus, bakteri, dan parasit) dan bukan disebabkan fisik (seperti luka) atau kimia (seperti keracunan).

Penyakit tidak menular adalah penyakit yang membuat seseorang sakit, tetapi tidak ditularkan kepada orang lain. Contohnya, cedera akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Penyakit menular langsung, misalnya difteri, tetanus, campak, influenza, dan hepatitis. Adapun penyakit menular melalui vektor dan binatang pembawa penyakit, misalnya malaria, demam berdarah, rabies, dan pes.

Menurut World Health Organization (WHO), penyakit tidak menular meliputi penyakit kardiovaskular (seperti serangan jantung dan stroke),kanker, penyakit pernapasan kronis (seperti penyakit obstruksi paru kronis dan asma), dan diabetes.

Nah itulah pembahasan mengenai Macam-Macam Penyakit Menular dan Tidak Menular. Bacaan selanjutnya : Cara Melindungi Diri dan Terhindar Dari Penyakit Menular