Melalui Media Apa Saja Bunyi Dapat Merambat dan Sampai ke Telinga Kita

Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita? Pembahasan kunci jawaban soal materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 1 keberagaman budaya bangsaku kelas 4 (IV) SD/MI di buku paket tematik halaman ke 40.

Melalui Media Apa Saja Bunyi Dapat Merambat dan Sampai ke Telinga Kita

Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memiliki musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita? Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas! Lakukan percobaan berikut dalam kelompokmu!

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban :

1. Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
2. Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
3. Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
4. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?

Jawaban :

1. Bunyi merupakan salah satu gelombang yang perambatannya melalui medium. Medium perambatan bunyi meliputi udara, zat cair, dan zat padat.
2. Media atau benda yang digunakan untuk merambatkan bunyi adalah cair, padat, dan gas.
3. Bunyi yang dihasilkan setiap media tidak sama. Suara yang oleh benda berbeda-beda. Bunyi dapat memiliki frekuensi, intensitas dan nada yang berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh jenis bahan sumber suara dan variasi getaran yang menyebabkan timbulnya gelombang suara.
4. Kesimpulannya adalah bunyi merambat sebagai sebuah gelombang, bunyi memerlukan medium untuk merambat dan cepat rambat bunyi tergantung medium.

Nah itulah pembahasan soal kelas 4 SD mengenai media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita serta beberapa soal lainnya. Semoga ulasan diatas bermanfaat, selamat belajar!