Membuat Kliping Dampak Modernisasi Terhadap Budaya Masyarakat

Membuat kliping dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 100 tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal peta pikiran modernisasi dan budaya masyarakat lengkap di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 100

Ayo Berlatih

Membuat kliping dampak Modernisasi terhadap budaya masyarakat

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkan paling sedikit satu artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lain. Artikel dan gambar yang digunakan harus menjelaskan pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat Indonesia. Seperti yang telah kamu pahami dari artikel di atas dan kegiatan sebelumnya. Jangan lupa mencantumkan sumbernya. Buatlah klipingmu semenarik mungkin untuk mengundang orang lain untuk membacanya.

Jawaban :

MODERNISASI TENGGELAMKAN BUDAYA TRADISIONAL

oleh : Erlina Munthe (Mahasiswi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UMRAH)

Membuat kliping dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat

Modernisasi sedang galak-galaknya belakangan ini. Budaya modern ini dialami dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Berawal dari teknologi yang canggih, beralih ke makanan cepat saji, berkembang lagi dalam segi pakaian, dan pola tingkah laku yang kemudian menjamur dan mewabah di kalangan masyarakat.

Modernisasi dapat dikatakan suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

Dalam kenyataannya, budaya modernisasi banyak yang bertentangan dengan nilai dan norm di dalam suatu masyarakat. Banyak budaya modernisasi membawa dampak negatif yang sangat besar, ketimbang dampak positifnya. Budaya modernisasi lazimnya juga suka dipertentangkan dengan nilai-nilai budaya tradisi yang ada.

Misalnya saja dalam budaya tradisi rakyat Indonesia. Pada zaman dahulu mengenai cara berpakaian. Mereka hanya mengenakan sarung dan kain panjang. Bagi perempuan diwajibkan menutup auratnya. Kita sandingkan dengan jaman sekarang. Betapa vulgarnya pakaian yang dikenakan baik itu oleh pria maupun juga dengan wanita.

Seperti salah satu contohnya, banyak kita jumpai pakaian wanita yang terbuka seksi dan mini, seakan-akan kekurangan bahan. Mengapa kita menyukainya? Mengapa kita ingin memakainya? Ya, karena modernisasi tadi, semuanya berpedoman ke negara-negara Barat.

Ada juga pandangan dari orang lain yang mengatakan jika tidak memiliki itu semua dikatakan ketinggalan zaman. Sehingga memaksakan diri agar terlihat mengikuti zaman dan dikatakan modis.

sumber : http://tanjungpinangpos.id/modernisasi-tenggelamkan-budaya-tradisional/
Edit : https://oriflameid.com/

Ayo Menulis

Tulislah kesimpulanmu tentang pemahaman yang kamu dapatkan tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 100 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: