Menceritakan Informasi Tentang Cuaca, Musim dan Iklim dengan Kalimatmu Halaman 208 Tema 5 Kelas 3

Sekarang giliranmu menceritakan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Ceritakanlah dengan kata-kata dan kalimatmu sendiri. Berceritalah di depan teman-temanmu. Ajak mereka untuk ikut bercerita secara bergiliran.

Menceritakan Informasi Tentang Cuaca, Musim dan Iklim dengan Kalimatmu

Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 3 halaman 208, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Informasi Apa yang Kamu Peroleh Tentang Cuaca pada pembelajaran 3. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Untuk dapat menjawab soal tersebut, silahkan baca terlebih dahulu informasi berikut ini!

Perbedaan antara Cuaca, Musim, dan Iklim

Kita sering mendengar orang menyebutkan istilah cuaca, musim, dan iklim. Namun, banyak yang masih bingung tentang perbedaannya. Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu.

Cuaca diamati pada suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan dapat berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca bisa berubah. Cuaca harian biasanya dilambangkan dengan simbol berikut.

Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat musim hujan adalah pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau adalah waktu tertentu yang sedikit hujan.

Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: musim kemarau dan musim hujan. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun.

Ayo Bercerita!

Sekarang giliranmu menceritakan informasi tentang cuaca, musim, dan iklim. Ceritakanlah dengan kata-kata dan kalimatmu sendiri. Berceritalah di depan teman-temanmu. Ajak mereka untuk ikut bercerita secara bergiliran.

Jawaban:

Cuaca itu keadaan udara yang diukur dalam waktu singkat. Kalau iklim dalam waktu panjang.  Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaan udara di wilayah tertentu.  Musim adalah keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu.

Musim terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan bulan. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun.

Musim di Indonesia hanya ada dua. Musim hujan dan musim kemarau. Saat musim hujan sering terjadi. Musim kemarau hanya terjadi sedikit hujan.

Baca Juga Pembahasan Soal Selanjutnya:

Ayo Beraktivitas!

Hari sudah makin sore. Cuaca yang tadinya berawan, kini berubah mendung. Sebelum hujan, Edo meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu ibunya.

Lani dan Siti membantu mengangkat jemuran yang kering. Dayu dan Edo membantu membawa masuk sepatu yang ada di luar. Beni dan Udin membantu mengangkat keset yang dijemur di atas pagar.

Itulah manfaatnya kita bersatu saat mengerjakan suatu hal. Pekerjaan akan cepat selesai. Terima kasih, teman-teman. Kalian sudah meringankan pekerjaan ibu saya.

Sampaikan manfaat dan pentingnya bersatu dalam keberagaman di hadapan teman-temanmu. Ajak mereka untuk melakukan hal yang sama.

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 208 209 Pembelajaran 4 Subtema 4

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 208. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 4 Cuaca, Musim, dan Iklim. Terimakasih, selamat belajar!