Jawaban: Mengapa Belanda Membatasi Kegiatan Berorganisasi Masyarakat Pada Saat Itu

Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu? Bagaimana pengaruh peristiwa Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini? pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 26 pembelajaran 3 materi subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu

Pembahasan soal kali ini merupakan lanjutan dari soal sebelumnya tentang Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928. Jika kalian belum mengerjakannya silahkan kalian cari di kolom pencarian.

Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia. Peristiwa ini makin menyadarkan masyarakat Indonesia yang kala itu berada di bawah penjajahan Belanda, terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah.

Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengambil tindakan patriotisme. Situasi penjajahan Belanda yang diwarnai dengan larangan melakukan kegiatan organisasi, mendorong para pemuda berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia untuk berkumpul di Jakarta. Kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan.

Pada saat itu, para pemuda yang berbeda suku, adat, dan bahasa bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Sumpah ini merupakan janji pemuda mewakili masyarakat Indonesia untuk bersatu membentuk sebuah negara merdeka yang bebas dari penjajahan. Isi sumpah tersebut sebagai berikut:

Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Selain mengucapkan ikrar, pada saat itulah pertama kalinya Lagu Indonesia Raya diperdengarkan. Lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (WR Supratman) ini meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pemuda untuk segera membentuk sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Setelah merdeka, Lagu Indonesia Raya me jadi lagu kebangsaan Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 26

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.
A. Menjawab pertanyaan:

2. Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?

Jawaban : Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu karena ingin mempertahankan kekuasaannya dengan mengekang organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

1. Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?

4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 SD halaman 26 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Komponen Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Silahkan simak pembahasan soal pembelajaran 3 Bagaimana pengaruh peristiwa Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?

One Comment