Mengapa Diare Dapat Sangat Berbahaya | Tema 3 Kelas 5

Mengapa Diare Dapat Sangat Berbahaya? pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 5 SD halaman 53. Tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh di buku tematik siswa.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 52 sampai 57. Langsung saja simak penjelasan soal dibawah ini.

Mengapa Diare Dapat Sangat Berbahaya

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 53

Diare ditandai dengan encernya tinja (feses) yang dikeluarkan atau buang air besar dengan frekuensi lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Faktor Penyebab Diare secara Umum
Diare terjadi ketika makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya pada saluran pencernaan (usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang kamu makan, dan meninggalkan kotoran (tinja) yang setengah padat. Akan tetapi, ketika cairan dari makanan yang kamu makan tidak diserap, maka hasilnya adalah kotoran (feses) yang cair atau encer.

Penyakit diare mungkin berhubungan dengan infeksi virus atau bakteri. Penyakit tersebut juga dapat terjadi akibat keracunan makanan.

Gejala Diare
Secara lebih lengkap, tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain:
– Buang air besar encer dan sering
– Kram perut
– Nyeri perut
– Demam
– Darah dalam tinja
– Kembung

Soal

Jadi, mengapa diare dapat sangat berbahaya?

Jawaban : Penyakit diare sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penderita kekurangan cairan pada tubuh.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 5 SD halaman 53 tentang penyakit diare. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat!

Lihat : Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 52 53 54 55 56