Mengapa Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dianggap Penting

Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita? Pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 37, tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 37

Jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
2. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?

3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?

Jawaban : Karena sejak dahulu bangsa Indonesia yang tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat. Keragaman tersebut dapat terwujud apabila terdapat persatuan dan kesatuan. Maka dari itu persatuan dan kesatuan dianggap penting.

4. Bersama dengan seorang temanmu, carilah sebuah peristiwa dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan peristiwa yang dapat memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber berita dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri.

Lihat jawaban soal di atas lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 37 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: