Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain Tema 8 Kelas 5

Menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 121 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya di buku tematik.

Ayo Membaca

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. (baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 121

Ayo Mencoba

Informasi-informasi penting apa yang dapat kamu peroleh dari teks “Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain”? Tulislah dalam diagram berikut.

Jawaban :

menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain tema 8 kelas 5

Ayo Berdiskusi

Produksi pakaian melibatkan peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Namun, mereka juga mendapatkan keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Diskusikan bersama kelompokmu, lalu tulislah dalam bentuk tabel berikut.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 121 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: