Menurutmu Mengapa Bawang Merah Disebut Umbi Lapis? Jawaban Soal

Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis? Pembahasan kunci jawaban soal kelas 3 SD/MI pada materi pembelajaran 4 tema 1 subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di buku paket tematik halaman 168. Sebelum menjawab soal tersebut, amatilah gambar berikut ini!

Menurutmu Mengapa Bawang Merah Disebut Umbi Lapis

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang banyak digunakan di Indonesia. Bawang merah berkembang biak dengan cara umbi lapis. Umbi lapis pada tumbuhan yang dilakukan dengan menggunakan susunan berlapis yang terdiri dari daun yang menebal dan berdaging. Contoh lain tumbuhan yang bereproduksi dengan cara ini adalah bawang bombay.

Manfaat Bawang Merah

Selain banyak dipakai sebagai bumbu masak, bawang merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya meliputi :

  1. Mengatasi sembelit
  2. Mencegah terjadinya kanker
  3. Menyehatkan jantung
  4. Mengontrol diabetes
  5. Mengatasi radang tenggorokan
  6. Mengatasi pendarahan
  7. Menurunkan berat badan

Soal : Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis?

Jawaban : Bawang merah disebut umbi lapis karena bawang merah menyimpan cadangan makanannya pada akar sehingga disebut “umbi” dan bawang merah memiliki siung yang berlapis karena itu bawang merah disebut umbi lapis dan hal itu dapat kita lihat disaat kita memotong bawang merah.

Alternatif jawaban :

Bawang merah disebut umbi lapis karena bawang merah memiliki umbi yang terbentuk dari tumpukan pangkal daun yang tersusun rapi dan berlapis-lapis”

Pernahkah kamu melihat tahapan perkembangbiakan bawang merah? Carilah informasi tentang tahapan perkembangbiakan bawang merah. Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tempat yang tersedia.

Demikian pembahasan soal kelas 3 SD mengenai alasan kenapa bawang merah disebut umbi lapis. Semoga pembahasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!