Nama Planet Diameter Ribu Km Perbandingan Diameter dalam Model Cm

Nama planet diameter ribu km perbandingan diameter dalam model cm, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 122 tepatnya pada materi pembelajaran 5 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Nama planet diameter ribu km perbandingan diameter dalam model cm

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal poster perbedaan bumi dan bulan lengkap di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 122

Ayo Berdiskusi

Ingatkah kamu dengan sketsa sistem tata surya yang telah kamu buat sebelumnya? Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh).

Jawaban :

Nama Planet Diameter Planet (ribu km) Perbandingan Diameter dalam Model (cm)
Merkurius 4,9 ribu km
4,9 = 1
4,9
1 cm
Venus 12,1 ribu km
12,1 = 2,5
4,9
2,5 cm
Bumi 12,7 ribu km
12,7 =2,6
4,9
2,6 cm
Mars 6,8 ribu km
6,8 =1,4
4,9
1,4 cm
Jupiter 143 ribu km
143 =29,2
4,9
29,2 cm
Saturnus 120 ribu km
120 =24,5
4,9
24,5 cm
Uranus 51 ribu km
51 =10,4
4,9
10,4 cm
Neptunus 50 ribu km
50 =10,2
4,9
10,2 cm

2. Dengan menggunakan data tersebut, kamu dapat menentukan perbandingan ukuran planet dalam tata surya dengan cukup akurat. Misalnya dalam model, kamu menggunakan ukuran diameter planet terkecil (Merkurius) sebesar 1 cm, maka diameter planet lainnya akan mengikuti sesuai perbandingan yang kamu buat. Lalu, siapkan alat dan bahan yang kamu perlukan sesuai sketsa dan rencana yang kamu telah susun bersama kelompokmu sebelumnya untuk membuat model tata surya 3 dimensi, atau semi 3 dimensi. Semi 3 dimensi adalah menggabungkan antara dua dimensi dan tiga dimensi dalam satu model. Perhatikan kembali contoh yang ada pada pembelajaran 1 dan 2.

3. Jika ada bahan yang harus dipersiapkan terlebih dulu, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu untuk memastikan bahan tersebut dapat digunakan sesuai yang diinginkan.

4. Susunlah langkah-langkah kegiatan yang akan kamu lakukan bersama dengan anggota kelompokmu dengan saksama. Kamu dapat menggunakan diagram atau tulisan dalam bentuk paragraf untuk menyusunnya.

5. Diskusikan kembali langkah-langkah tersebut untuk memastikan semua hal yang dibutuhkan dapat dilakukan.

6. Lakukanlah pembagian tugas kepada semua anggota kelompok. Lalu tentukanlah cara atau strategi untuk memastikan semua anggota kelompok melakukan tugas masing-masing dengan baik.

Ayo Menulis

Bacalah kembali cerita “Kakek Banu” di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar.

1. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Lalu, dengan menggunakan kertas ukuran A4 yang dibagi empat, buatlah tiga gambar seri yang menggambarkan cerita di atas. Untuk bagian pertama, kamu boleh menuliskan judul dan pengarangnya beserta gambar yang menjelaskan judul tersebut. Pada bagian kedua hingga keempat, gambarlah isi cerita pada bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Tuliskan paling sedikit satu kalimat untuk menjelaskan gambarmu. Gunakan contoh di bawah ini untuk membantumu.

2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 122 tentang nama planet diameter ribu km. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: