Nama Properti yang Digunakan Pada Tari Piring | Tema 2 Kelas 5

Nama properti yang digunakan pada tari Piring, pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD di buku paket tematik halaman 60. Tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2. Baca terlebih dahulu materi berikut agar kalian dapat menjawab soalnya.

Nama Properti yang Digunakan Pada Tari Piring

Kakek Husin mempunyai cucu laki-laki seumuran Edo bernama Dani. Edo dan Dani sering bermain bersama. Siang itu mereka bermain menggunakan bola kecil.

Setelah bermain, Dani mengajak Edo ke rumahnya. Di dalam rumah Dani, Edo melihat berbagai macam topeng. Kata Dani, topeng-topeng itu adalah properti tari. Ternyata, Kakek Husin dahulu seorang penari.

Adakah tari lain menggunakan properti? Perhatikan beberapa gambar diatas yang menunjukkan gerak tari menggunakan properti.

Banyak tarian ditarikan menggunakan properti. Salah satu jenis tari menggunakan properti adalah tari topeng. Sesuai namanya, penari tari topeng menggunaka topeng.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar dua tarian di atas! Tuliskan nama-nama properti yang dipakai pada gambar tarian itu!

Nama properti yang digunakan pada tari Piring . . .

Kunci Jawaban

Berikut properti yang digunakan dalam tarian piring meliputi piring atau mangkok, busana, selendang, ikat pinggang dan alat musik tradisional.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dalam kelompokmu. Kemudian diskusikan jawaban kelompokmu dengan kelompok-kelompok lain dalam kelasmu.

1. Apa yang dimaksud properti tari?
2. Benda apa yang dapat digunakan menjadi properti tari?
3. Apa dasar pemilihan suatu benda digunakan sebagai properti tari?
4. Apa fungsi properti tari?

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD di halaman 60. Lihat dan baca juga pembahasan soal nama properti yang digunakan pada tari Rangguk Ayak. Semoga bermanfaat.