Nama Tari dan Asal Arti atau Makna Fungsi Jenis Gerakan Kaki Badan

Nama tari dan asal arti atau makna tari fungsi jenis gerakan kaki badan lagu musik pengiring properti, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 129 sampai 130, tepatnya pada materi pembelajaran 5 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Nama tari dan asal arti atau makna tari fungsi jenis gerakan kaki badan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal pesan yang dapat kamu dapatkan dari cerita kakek Banu lengkap di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 129 sampai 130

Ayo Berlatih

Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.

Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.

1. Tentukanlah sebuah tari kreasi daerah, baik yang ada di daerahmu atau salah satu tari daerah yang ada pada bacaan di atas.
2. Carilah beberapa informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang taritari tersebut.
3. Gunakan tabel berikut untuk mengorganisasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan keterangan yang diharapkan.

Jawaban :

Nama tari dan asal Tari Kreasi Kupu-kupu dari Bali.
Arti dan Makna Tari Tari kupu-kupu ciptaan I Wayan Beratha adalah sebuah tari yang menggambarkan kedamaian dan keindahan pulau dewata, Bali.
Fungsi tari Mengekspresikan kehidupan kupu-kupu biru tua.
Jenis gerakan tangan
  1. Gerakan kupu-kupu yang terbang di tempatnya.
  2. Gerakan kupu-kupu yang terbang memutar.
  3. Gerakan buka tutup sayap kupu-kupu.
  4. Gerakan kibasan.
  5. Gerakan ayunan.
Jenis gerakan kaki
  1. Gerak agem merupakan sikap kaki terbuka kuda-kuda menyamping.
  2. Gerakan meloncat.
Jenis gerakan badan
  1. Gerakan ngaed adalah gerakan dimana badan diturunkan atau direndahkan dengan posisi lutut ditekuk.
  2. Gerakan ngegol atau egol adalah gerakan antar kaki kanan dan kiri yang diangkat secara bergiliran yang diikuti juga dengan gerakan pinggul ke kanan dan ke kiri disertai gerakan kepala ke kanan dan ke kiri.
  3. Nyeledet, gerakan mata melirik ke samping kanan dan kiri.
  4. Ngelier adalah gerakan perputaran dagu ke kanan atau ke kiri.
Lagu/musik pengiring Diiringi dengan alat musik gamelan Bali.
Properti tari Sampur, penutup kepala dan tiruan sayap kupu-kupu.
Cara menarikan Kelompok.
Jenis pola lantai Garis lurus vertikal dan horizontal.

Latihlah beberapa gerakan tari ini bersama dengan teman sekelompok. Kamu dapat menggunakan video untuk mempelajari tari pilihanmu.

4. Presentasikanlah hasil pengamatan dan hasil pencarian informasi tentang tari kreasi daerah tersebut.
5. Carilah satu kelompok tari lainnya untuk melakukan perbandingan dan menemukan persamaan dan perbedaan antara kedua tari kreasi daerah yang berbeda.
6. Presentasikan kembali hasil perbandingan antara kedua tari tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di bawah ini.

Jawaban : Kesimpulanku yaitu, tari kreasi daerah masih mengacu pada tari daerah yang sudah ada sebelumnya karena terdapat persamaan yaitu fungsi, gerakan dan iringan tari.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 129 sampai 130 tentang nama tari dan asal arti atau makna secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 6 subtema 2