Nama Tarian Pola Lantai Tari Seudati, Andun, Tandak, Tambun dan Bungai

Nama Tarian Pola Lantai Tari Seudati, Andun, Tandak, Tambun dan Bungai – Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 6 SD/MI di buku paket tematik halaman 34 sampai 35. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Rukun dalam Perbedaan. Simak selengkapnya!

Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan. Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain.

Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.

Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya. Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!

Nama Tarian Pola Lantai Tari Seudati, Andun, Tandak, Tambun dan Bungai

 

Nama TarianPola Lantai
Tari SeudatiTerdapat pola lantai lurus, segi empat, pola berbentuk huruf U, pola zig zag, pola berbentuk huruf S, pola segi tiga, dan pola segi empat silang.
Tari AndunMnggunakan pola lantai melingkar dimana para penarinya membentuk lingkaran yang bermakna agar orang yang di dalam lingkaran penari itu dapat saling mendoakan.
Tari TandakMemiliki pola lantai campuran, antara lingkaran, lurus dan zig-zag.
Tari Tambun dan BungaiTari tambun dan Bungai memiliki pola lantai campuran antara garis lurus (horizontal) dan zig zag.

Bandingkanlah gambar pola lantaimu dengan milik teman kelompokmu. Praktikkanlah semua pola lantai tersebut dengan mereka. Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mempraktikkan pola lantai tarian daerah? Bagaimana kamu menyikapi perbedaan dengan teman?

Ayo Berlatih!

1. Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda. Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan. Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat. Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya.

Hari ini Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di rumah Lani. Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong. Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja. Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?

Bacalah soal tersebut dengan saksama! Tulislah jawabanmu dan jelaskanlah bagaimana kamu menemukan jawabannya!

2. Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1/6 kotak kepada 4 temannya. Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 6 di buku paket tematik halaman 34 35 tentang nama tarian pola lantai tari seudati, andun, tandak, tambun dan bungai. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!