Naskah Drama Pendek Tentang Sikap Toleransi Tema 8 Kelas 5

Buatlah naskah drama pendek tentang sikap toleransi tema 8 kelas 5 pembahasan kunci jawaban halaman 23 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Naskah Drama Pendek Tentang Sikap Toleransi Tema 8 Kelas 5

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Keunikan Rumah Betang Uluk Palin di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 23

Ayo Bermain Peran

Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu tentu diperlukan sikap toleransi di antara masyarakat Indonesia. Sikap apa yang dapat kalian terapkan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia? Buatlah naskah drama pendek tentang sikap toleransi, lalu mainkan naskah drama tersebut.

Jawaban : Berikut contoh naskah tentang sikap toleransi.

Dayu, Udin, dan Lani berencana akan melaksanakan belajar kelompok untuk mengerjakan tugas matematika dari Bapak Guru. Setelah menunggu sekitar 15 menit Lani baru datang dengan napas terengah-enggah dan bercucuran keringat.

Dayu : “Eh… Lani kenapa kamu baru datang? Apakah tidak ada yang mengantar kamu kesini?
Udin : “Iya Lan… padahal kami disini sudah lama lho menunggumu untuk belajar kelompok. Sampai-sampai makanan ringan sajian Dayu habis aku makan”

Lani pun hanya tertunduk diam dan tersenyum kecil, lalu ia pun menjawab pertanyaan teman-temannya.

Lani : “Maafkan aku ya, Dayu, Udin, aku datang terlambat. Orang tuaku sibuk bekerja di sawah, jadi aku tidak ada yang mengantar. Tadi aku terpaksa jalan kaki untuk sampai di rumah Dayu”

Dayu dan Udin pun terdiam, mereka berpikir kasihan sekali Lani harus berjalan dari rumahnya menuju rumah Dayu. Jaraknya tidaklah dekat. Mereka pun merasa bersalah, jika mengajak belajar kelompok di rumah Dayu, padahal Lani tinggal jauh dari tempat tinggal mereka. Lagi pula Dayu dan Udin memiliki saudara yang bisa mengantar mereka dengan sepeda motor jika mereka belajar di rumah Lani. Akhirnya mereka pun sepakat mengubah lokasi belajar kelompok.

Dayu : “Oke begini saja Lani, untuk belajar kelompok nanti, bagaimana kalau kita di rumah kamu saja. Lagi pula disana suasananya bagus, dekat sawah dan perbukitan, pasti suasananya akan seru. Lagipula kami kesana bisa diantar oleh saudara kami. Bagaimana menurutmua Din?”
Udin : “Oke… aku setuju sekali dengan usulanmu Yu, besok kita belajar di rumah Lani saja, kasihan Lani tidak ada yang mengantar’
Lani : “Baiklah…Terima kasih atas pengertian kalian?”

Akhirnya Udin, Dayu dan Lani melanjutkan kegiatan belajar mereka di rumah Lani. Mereka telah menunjukan sikap toleransi terhadap masalah yang dialami oleh teman mereka.

Tugas
Kerjakan tugas ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.

1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan paling sedikit 25 kata.
2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian adat dari daerahmu.
3. Tuliskan judul lagu-lagu daerah di Indonesia.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 23 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: