Nilai-Nilai Baik yang Bisa Kamu Teladani Cerita Semut dan Belalang

Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita semut dan belalang di atas? Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut? pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 halaman 105, tepatnya pada materi pembelajaran 1 Subtema 3 Ayo Memimpin di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Semut dan Belalang

Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.

Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita semut dan belalang

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 105

Jawablah pertanyaan berikut!

3. Bagaimana cara Semut bekerja?

Jawaban : Semut bekerja secara bersama-sama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir makanan untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari tempat makanan menuju sarang, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita semut dan belalang di atas?

Jawaban : Nilai yang dapat diteladani yaitu nilai persatuan dan kesatuan, niali kerja keras dan nilai pantang menyerah, serta gotong royong dan kepemimpinan.

Tulislah jawabanmu pada bagan di bawah ini. Tuliskan jawaban pada nomor yang sesuai. Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Jawaban : Dari cerita tersebut dapat kita pelajari bahwa dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai, pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong atau kerjasama, bekerja keras pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

Ayo Mengamati

Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di musim dingin. Untuk mengatasinya, semut bekerja di musim panas agar mereka tidak kelaparan di musim dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Lihat pembahasan soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 105 tentang Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita semut dan belalang secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3 Ayo Memimpin di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: