5 Nilai-Nilai Moral yang Terkandung dalam Permainan Perahu Jong

Tuliskan nilai-nilai moral yang terkandung dalam permainan perahu Jong!‚Äč Siapa yang baru mendengar permainan tradisional ini? Nah Perahu Jong merupakan salah satu permainan tradisional yang berasal dari daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Nilai-Nilai Moral yang Terkandung dalam Permainan Perahu Jong

Sebagai salah satu tradisi asli nusantara, kita tentu patut berbangga memiliki permainan tradisional yang menurut beberapa sumber masih tetap dipermainkan di Kep. Riau.

Perahu Jong merupakan perahu kecil tanpa awak yang dimainkan oleh masyarakat di Kepulauan Riau. Berdasarkan sejarahnya, permainan ini sudah ada sekak tahun 1400 masehi. Pada awalnya dimainkan oleh anak-anak saat menunggu kepulangan orang tuanya yang sedang mencari ikan di laut.

Rangkuman lengkap baca DISINI.

Nilai-nilai Moral yang Terkandung dalam Permainan Perahu Jong

1. Nilai Kerjasama

Kenapa kerjasama? Berdasarkan dari beberapa sumber, permainan tradisional ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Di mana satu orang melepas perahu di garis start, dan yang satunya menunggu di garis finis. Artinya butuh kerjasama dalam memainkan permainan ini.

2. Melatih Sportivitas

Nah setiap permainan apa pun tidak hanya Perahu Jong, tentu saat kita mengikuti permainan tersebut harus bersikap sportif, dan tidak boleh curang pada saat permainan berlangsung.

3. Menggali Kreativitas

Permainan tradisional Perahu Jong dulunya diciptakan oleh anak-anak di Kepulauan Riau. Anak-anak membuat perahu seperti apa yang dipakai oleh orang tuanya menangkap ikan.

4. Melatih Kemampuan Anak

Di zaman sekarang, anak-anak hanya ikut memainkan permainan perahu Jong tanpa tahu bagaimana cara membuatnya. Padahal dulunya anak-anak tersebutlah yang menciptakan permainan ini.

5. Bersosialisasi Lewat Permainan yang Dimainkan

Tidak hanya sendirian di pinggir laut, bermain perahu Jong dilakukan di genangan air laut saat surut. Tentu dilakukan bersama banyak teman-teman sehingga terjadi proses sosialisasi dan interaksi.

Itulah lima nilai-nilai moral yang terkandung dalam permainan perahu Jong. Jika rumahmu dekat dengan pantai, kamu bisa coba membuat permainan ini dan memainkannya bersama teman kalian.