Paragraf 1 Topik Masalah Teks Pensil Si Kecil yang Amat Penting

Paragraf 1 Topik Masalah teks bacaan Pensil Si Kecil yang Amat Penting, pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 107 108 109 110 111 tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Penemu dan Manfaatnya di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Apa Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Pendidikan dan Iptek. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Paragraf 1 Topik Masalah Teks Pensil Si Kecil yang Amat Penting

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 107

Ayo Membaca

Usai berolahraga, kita akan kembali belajar. Pensil adalah benda yang selalu membantu kita saat belajar. Amatilah pensil tersebut. Tahukah kamu asal-usul pensil tersebut? Apa manfaat pensil?

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen? (baca secara lengkap di buku tematik)

Temukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil tersebut. Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:

Jawaban :

Paragraf 1: Topik Masalah
Pertanyaan tentang penemuan dan perkembangan pensil.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Jaman dulu manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan pisau ke batang pohon atau menggoreskan logam pada batu atau daun papirus.

Perkembangan pensil dimulai dari penemuan grafit yang mampu membuat goresan hitam pekat namun lunak dan mudah patah. Kemudian grafit dibungkus tali dari kulit domba. Sejak ditemukan cara memasukkan grafit di antara dua bilah kayu, alat tulis bernama pensil dikenal.

Paragraf 3 : Deret Penjelas
Pembuatan pensil secara massal dimulai tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Kemudian, mulai abad 19, banyak perusahaan yang mengembangkan pensil sebagai alat tulis secara pesat.

Pada jaman modern, pensil dibuat dari bubuk hasil penghancuran grafit dan tanah liat. Lalu campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang yang dilapisi kayu seperti pensil saat ini.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pensil menjadi benda penting karena tanpa pensil kita akan akan kesulitan belajar dan tidak bisa membuat karya tulis.

Cermati kembali teks tersebut! Temukan kata-kata bercetak miring di dalamnya! Tuliskan semua kata bercetak miring tersebut untuk pembelajaran berikutnya.

Jawaban : Gimana sih, Buat, Bikin, Hancurkan, Moderen, Sama, Jaman, Banget, Dipakai, Kalo gak ada, Gampang, Bakal, Terus, Waktu lagi, Dibikin, Gak bisa bikin, Ngembangkan.

Ayo Mengamati

Ingatkah kamu tentang kisah Ani, hak dan tanggung jawabnya?
Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!
2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!
3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

Jawaban, buka disini: Sebutkan Kewajiban Ani dalam Cerita Halaman 109 Tema 3 Kelas 6

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 6 SD halaman 107 tentang paragraf 1 Topik Masalah teks bacaan Pensil Si Kecil yang Amat Penting Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6 subtema 2 Penemu dan Manfaatnya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: