Pelangi Adalah Gambaran Sebuah Masyarakat Perbedaan Selalu Ada

Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat Perbedaan selalu ada, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 205 206 tepatnya pada materi pembelajaran 1 pembelajaran Perbedaan Itu Indah di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pelangi Adalah Gambaran Sebuah Masyarakat Perbedaan Selalu Ada

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal pembelajaran 6 subtema 3 tentang Perilaku dalam pembiasaan pelaksanaan sudah atau belum halaman 202 di buku tematik.

Pelajaran Pelangi

Dahulu, warna-warna yang ada di bumi bertengkar. Semua mengklaim dirinya paling bagus dan paling berguna. Si Hijau mengatakan, “Akulah yang terpenting. Aku simbol penghidupan dan penghargaan. Aku dipilih oleh padi, rerumputan dan pepohonan. Tanpa diriku, semua makhluk akan mati.“ Si Biru menimpali, “Jangan hanya berpikir tentang bumi. Lihatlah birunya langit dan lautan luas! Air adalah sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian.” Si Kuning menyela, “Ah, kamu terlalu serius. Aku membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Matahari berwarna kuning, juga bulan. Tanpa kehadiranku, tidak ada kegembiraan.” Si Jingga tidak mau kalah, “Aku simbol kesehatan dan kekuatan. Buktinya, aku dipercaya melayani kebutuhan manusia, membawa vitamin-vitamin penting bagi kehidupan. Coba lihat aku pada wortel, labu, jeruk, dan pepaya!

“Aku darah kehidupan! Lambang keberanian dan cinta. Tanpaku, bumi akan kosong melompong,“ sela si Merah. Sementara itu, si Ungu teriak, “Aku adalah warna aristokrat dan kekuatan. Para raja dan pemimpin selalu memilih warnaku untuk pakaian dan aksesoris mereka.”

Pertengkaran makin seru. Masing-masing tidak mau mengalah. Tibatiba, muncul kilat dan gelegar suara petir, disertai hujan deras. Tanpa di komando, warna-warna itu merunduk ketakutan, lalu saling mendesak mencari perlindungan.

Sang Hujan berkata, “Hei, warna-warna! Jangan bertengkar! Ketahuilah, setiap kamu diciptakan untuk tujuan khusus, unik, dan berbeda satu sama lain. Kemarilah saling bergandengan tangan!” Warna-warna itu melakukan apa yang disuruh sang Hujan. “Mulai sekarang, setiap kali turun hujan, setiap kamu akan terentang di udara dalam satu pelangi yang indah, sebagai peringatan bahwa kita harus hidup bersama dalam damai.”

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 205 sampai 206

Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat Perbedaan selalu ada. Perbedaan yang ada janganlah menjadi penghalang untuk menjalin persatuan dengan anggota masyarakat yang lain. Apa, sih, arti penting persatuan?

Jawaban : Tanpa adanya persatuan, kita akan mudah untuk diadu domba, mudah terpecah belah. Tujuan bersama akan sulit tercapai apabila tidak ada persatuan dan kesatuan.

Dari cerita pelangi, tentunya kamu dapat mengambil beberapa hikmah mengenai pentingnya persatuan dalam keragaman. Tuliskan hikmah yang dapat diambil dari cerita “Pelajaran Pelangi”.

Lihat jawaban soal di atas lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD Halaman 205-206 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 perbedaan itu indah di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: