Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Rangkuman materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kelas 3 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas III tentang “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran kedua.

Ayo Menulis!

Apakah kamu masih ingat dengan tugas mewawancara orang tua pada pertemuan sebelumnya? Gunakan informasi yang sudah kamu peroleh untuk menulis cerita tentang perkembangan dirimu!

Contoh cerita :

Pada waktu kecil saya belum bisa bicara, berjalan dan mengenal banyak orang, saat mulai beranjak masuk sekolah saya merasa pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda seperti tinggi badan dan bisa berlari.

Bagaimana perasaanmu setelah mendengar informasi tentang perkembanganmu? Apakah kamu juga mendapat informasi kapan kamu mulai bisa merangkak dan berjalan?

Persaanku merasa senang dan bersyukur. Aku mulai bisa merangkak dan berjalan saat memasuki umur 1.

Ayo Mencoba!

Ayo berlomba adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari dengan teman-temanmu!

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Ikuti langkah-langkah kegiatan seperti berikut!

  1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.
  2. Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.
  3. Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.
  4. Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.

Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.

Ayo Mengamati!

Menghargai Perbedaan

Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!

Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi. Sikap yang akan kamu lakukan adalah… (mengolongnya mengambilkan jika aku memang sampai menyentuh benda itu atau menyarankannya untuk berdiri diatas kursi atau meminta tolong pada orang yang kira-kira sampai untuk mengambil barang itu.)

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawa barang bawaan. Sikap yang akan kamu lakukan adalah… (saya akan membantu teman saya jika memang barang yang ia bawa terlalu berat)

Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti gerakan tari. Sikap yang akan kamu lakukan adalah… (menasehati supaya gerakannya bisa diperbaiki lagi alasannya supaya teman saya bisa melakukan gerak tari.)

Ayo Berlatih!

Ceritakan pendapatmu mengenai gambar tersebut di depan teman-temanmu! Sikap saling menghormati antar sesama termasuk pengamalan sila kedua Pancasila (Kemanusiaan yang adil dan beradab).

Sila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Simbol sila kedua Pancasila adalah rantai. Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling menyayangi, dan juga memperlakukan manusia lainnya dengan baik.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kelas 3 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

One Comment