Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Rangkuman materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 3 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas III tentang “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Subtema 3 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran kedua.

Ayo Mengamati! Bacalah teks berikut ini!

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji

Sebagian besar tumbuhan berkembang biak dengan biji. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah terdapat biji. Biji berkembang menjadi tanaman baru. Tanaman baru tumbuh menjadi dewasa dan berbuah. Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuh siklus atau daur hidup.

Perhatikan gambar bagian-bagian biji di bawah ini.

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Ayo Menulis!

Amati gambar berikut! Gambar menunjukkan daur hidup tanaman semangka. Lengkapi bagan daur berikut dengan gambar yang sesuai.

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Tuliskan tahapan dalam daur hidup tanaman semangka menggunakan bahasamu sendiri!

Contoh Jawaban :

Tahap daur hidup tanaman semangka:

1. Pertama diawali dengan lepasnya biji dari daging buah semangka yang akan tertanam di tanah. Dikarenakan kulit biji semangka keras maka proses keluarnya tunas pertama ini akan mempunyai waktu yang lama.

2. Tumbuhnya tunas kecil dan akan terlihat dipermukaan tanah.

3. Selanjutnya batang semangka akan merambat lalu terbentuklah bunga semangka, keunikan yang dimiliki bungan semangka adalah mempunyai dua kelamin sekaligus dalam satu bunganya.

4. Bunga semangka akan berubah menjadi buah semangka dari ukuran kecil hingga menjadi ukuran besar dan bisa sebesar bola basket.

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 3

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Tunas Selain dengan biji, tumbuhan berkembang biak dengan tunas. Tunas adalah anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Ada juga tunas yang tumbuh di daun induk, contohnya tanaman cocor bebek. Salah satu contoh tumbuhan yang bertunas adalah pisang dan cocor bebek.

Tunas pisang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas pisang tumbuh menjadi tumbuhan baru di sekitar induknya. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tunas cocor bebek tumbuh di tepi daun. Gambar tersebut adalah gambar pohon bambu, cocor bebek, dan pohon pisang.

Pohon bambu juga berkembang biak dengan tunas. Anakan pohon bambu akan tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Batang pohon bambu banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya digunakan untuk bermain.

Ayo Mencoba!

Soal Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Ikuti tahapan bermain sesuai gambar! Buatlah kelompok-kelompok yang terdiri atas 5 orang pemain.

Seorang pemain akan bertugas melompat. Empat pemain lainnya bertugas memegang batang bambu. Setiap pasangan pemegang bambu berhadap-hadapan dan menggerakkan bambu bersamaan.

Gerakan bambu dengan buka dan tutup secara bergantian dengan hentakan masing-masing 2 kali hentakan.

Pemain yang tidak memegang bambu melompat-lompat pada bambu yang terbuka. Jangan sampai kejepit bambu.

Lakukan secara bergantian.

Ayo Berlatih !

Pentingnya Bekerja Sama

Bermain lompat bambu memerlukan kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu maupun pemainnya. Jika tidak ada kerja sama akan membahayakan pemain dan pemegang bambu.

Tangan pemegang bambu bisa terjepit bambu jika tidak bekerja sama dengan baik. Kaki yang melompat pemain akan tersangkut dan terjepit bambu jika tidak ada kerja sama yang baik.

Selain kerja sama, konsentrasi pemain juga sangat penting saat bermain lompat bambu. Jika tidak berkonsentrasi, maka akan membahayakan seluruh pemain.

1. Apakah kamu bekerja sama dengan teman saat bermain lompat bambu?
2. Bagaimana cara kamu bekerja sama?
3. Apakah cara yang membuat kamu berhasil bermain lompat bambu?
4. Apa yang membuatmu tidak berhasil dalam bermain lompat bambu?

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas 3 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.