Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Rangkuman materi pembelajaran 2 tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 2 SD/MI kelas VI tentang “Persatuan dalam Perbedaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Bersatu Kita Teguh. Subtema 3 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran kedua.

Pernahkah kamu mendengar pepatah “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?”. Apa makna pepatah tersebut bagi bangsa Indonesia? Ayo, kita diskusikan!

Ayo Berdiskusi!

Amati gambar berikut!

Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan. Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut pada potongan kertas dalam bentuk pertanyaan!

Tempatkan potongan-potongan kertas berisi pertanyaan tersebut di tengah meja. Baca pertanyaan tersebut secara bergiliran, kemudian diskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut secara berkelompok!

Tulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi!

Jawab pertanyaan berikut!

1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?
2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban :

1. Makna Bersatu Kita Teguh yaitu menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.
2. Karena dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan
3. Tidak mengejek teman yang berbeda status ekonomi, menghormati teman yang berbeda agama, dan saling bergotong royong contohnya membersihkan lingkungan.

Tulislah suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Ceritamu harus memuat:

  • kejadian yang menimpamu
  • manfaat persatuan dan kesatuan
  • tempat kejadian dan waktu

Contoh cerita :

Persatuan dan kesatuan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh sikap yang menerapkan tentang persatuan dan kesatuan adalah saat membersihkan rumah bersama-sama. Pada hari minggu kemarin saya, ayah, ibu dan adik bergotong royong membersihkan lingkungan rumah.

Kegiatan berogotng-royong membersihkan rumah memberi beberapa manfaat seperti: lingkungan rumah menjadi bersih sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita/ Selain itu lingkungan sekitar menjadi indah dan enak untuk dipandang. Dengan adanya gotong royong tersebut juga dapat mempererat hubungan dalam satu keluarga.

Sikap yang menerapkan persatuan dan kesatuan juga dapat diterapkan dilingkungan mana saja selain dirumah seperti disekolah,di jalan raya, di lingkungan masyarakat dan masih banyak lagi. Kita diwajibkan untuk menerapkan sikap dan sifat persatuan dan kesatuan dimana saja.

Bacakanlah ceritamu di depan kelas!

Zaman boleh berganti, pemerintahan boleh berubah, namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap terjaga utuh.

Ayo Berkreasi!

Secara berkelompok, kamu akan mempraktikkan pola lantai tari Indang dari Sumatra Barat yang dilandasi nilai-nilai persatuan. Ketika kelompok lain melakukan penampilan, silakan membuat catatan penting tentang penampilan tersebut.

Kamu juga dapat memberikan komentar dan saran mengenai penampilan temanmu. Sebelumnya kamu dapat membaca informasi tentang Tari Indang.

Pola Lantai Tari Indang

Pola lantai tari indang adalah horizontal (lurus) Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut juga Badindin. Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkahlangkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut. Diskusikan pola lantai tarian tersebut dengan teman kelasmu!

Ayo Mencoba!

Saat membersihkan halaman sekolah bersama teman-temannya, Edo menemukan selembar koran bekas dan ia membaca informasi berikut.

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Edo kemudian mendiskusikan pengumuman tersebut dengan Dayu. Mereka mencoba membahasnya. Apa yang dimaksud dengan 30%? Bantulah Edo untuk memahami informasi tersebut. Diskusikan dugaanmu dengan temanmu!

Persen adalah angka dalam bentuk perbandingan atau juga rasio yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase dilambangkan dengan tanda “%”.

Pehatikan contoh berikut! Kotak ratusan berikut mewakili keseluruhan.

Materi Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu!

Perhatikan keterangan berikut!
• Membandingkan jumlah 55 kotak biru dengan jumlah keseluruhan kotak. 55 dari 100 keseluruhan kotak adalah biru
• Menulis pecahan 55/100 kotak adalah biru
• Menulis desimal = 0,55 kotak adalah biru
• Menulis persen = 55% dari kotak adalah biru

Perhatikan kotak ratusan berikut!

Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak

Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak ratusan di atas!

Jawaban :

  • Kotak A = 35%
  • Kotak B = 32%
  • Kotak C = 16%

Jelaskanlah jawabanmu kepada teman sebelahmu! Jawablah pertanyaan berikut!

1. Sembilan puluh tujuh persen air bumi adalah air asin. Berapa persen air bersih yang ada di bumi?
Jawaban : 100% – 97% = 3%

2. Temukan jawabannya! Santi membeli buku di toko diskon. Harga satu paket buku adalah Rp.400.000,00. Santi harus membayar Rp. 320.000,00. Berapa persen Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar?
Jawaban :

Untuk menjawab soal seperti ini, dapat kita gunakan rumus
Prosentase diskon = besar diskon (Rp) / harga awal x 100%

Kita cari terlebih dahulu diskon yang didapat Santi
Harga diskon = harga awal – harga ahir
= Rp400.000,00 – Rp320.000,00
= Rp80.000,00

Prosentase diskon = harga diskon / harga awal x 100%
= Rp80.000,00 / Rp400.000,00 x 100%
= 1/5 x 100%
= 20%

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 2 tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh.