Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Rangkuman materi pembelajaran 3 tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 2 SD/MI kelas VI tentang “Persatuan dalam Perbedaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Bersatu Kita Teguh. Subtema 3 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran ketiga.

Hidup rukun dalam perbedaan merupakan landasan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Mencoba!

Tahukah kamu bahwa bermain bersama dengan teman-teman yang berbeda secara damai dan saling menghargai adalah cerminan hidup rukun? Hidup rukun merupakan landasan terciptanya persatuan.

Udin, Siti, Dayu, Beni, Edo, dan Lani selalu berupaya menunjukkan sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bermain bersama, saling menghargai, saling membantu, saling bekerja sama, dan saling belajar tentang budaya lain.

Hari ini mereka mempelajari salah satu permainan tradisional dari Nusa Tenggara Timur, yaitu Rangku Alu. Permainan ini membutuhkan keterampilan melompat yang baik. Kamu akan belajar tekniknya sebelum bermain.

Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6

Diskusikan teknik melompat dengan guru dan temanmu! Bagaimana cara bermain Rangku Alu? Ayo, kita pelajari!

Cara bermain Rangku Alu

Alat yang digunakan: 4 buah bambu dengan panjang 2 meter.

Cara bermain: Pemain terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok yang bermain dan kelompok yang menjaga.

  • Kelompok yang menjaga menggerak-gerakkan bambu (empat orang berjongkok membentuk bidang persegi dan memegang dua bambu) sambil menyanyi.
  • Kelompok pemain yang mendapat giliran bermain akan melompat di sela-sela bambu. Mereka harus menghindari jepitan bambu. Pelompat akan masuk dalam bidang persegi dan melompat-lompat sesuai irama buka-tutup bambu.

Setelah mengetahui cara bermain Rangku Alu, sekarang saatnya kamu mempraktikkan permainan tersebut secara berkelompok.

Ketika bermain, bambu yang kamu gerakkan menghasilkan irama yang berpola. Kamu dapat membuat permainan tersebut lebih menarik lagi dengan menyanyi bersama-sama mengikuti pola irama suara bambu.

Lakukanlah refleksi bersama teman dan gurumu setelah selesai bermain. Bagaimana perasaanmu saat bermain?

Jawaban : Tentunya perasaan senang dan akan ada terasa letih, tetapi rasa letih itu pada saat Kita sudah tidak bersama teman-teman dan sendirian

Apa yang harus kamu lakukan agar kelompokmu berhasil mencapai tujuan?

Jawaban : Saling mendukung dan menghargai pendapat orang lain, harus bekerja sama dengan mengesampingkan perbedaan, dan harus bersungguh-sungguh.

Bagaimana penerapan gerakan lompat yang sudah kamu pelajari? Apakah masih membingungkan?

Jawaban : Gerak lompat yang saya terapkan sudah cukup baik. Yakni dengan kepala tegak, punggung rata dan lutut ditekuk.

Ayo Berkreasi!

Tuhan menganugerahkan kita beragam tanaman dan hewan agar kita bisa memanfaatkannya. Namun, pemanfaatan tumbuhan dan hewan tidak diiringi oleh sikap yang bijak sehingga banyak terjadi ketidakseimbangan. Sebagai warga negara yang baik, kita perlu bersatu melestarikan hewan dan tumbuhan agar manusia dapat hidup sejahtera.

Pilihlah satu tumbuhan atau hewan yang menurutmu perlu dilestarikan. Buatlah poster untuk mengajak seluruh warga sekolah tergerak hatinya untuk melestarikan tumbuhan atau hewan. Kamu bisa mempelajari poster di samping.

Postermu harus memuat satu jenis tumbuhan atau hewan dengan habitat dan manfaatnya. Jangan lupa kalimat ajakan serta gambar yang menarik dan jelas. Sampaikan hasilnya kepada teman di kelas.

Ayo Membaca!

Persatuan dapat membawa kebaikan. Begitu pula dalam belajar. Kamu akan bekerja sama dengan temanmu agar tulisanmu dapat lebih baik. Bacalah teks berikut!

Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi.

Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Karena usianya yang sudah tua, Sang Saka Merah Putih terakhir tersebut kali berkibar pada tahun 1969. Bendera disimpan di Museum Nasional. Pemerintah kemudian membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 cm × 200 cm.

Isilah peta pikiran berdasarkan bacaan tersebut!

Jawaban :

Peta Pikiran Teks Pengibar Sang Saka Merah Putih

Penjelasan secara lengkap bisa buka DISINI

Kembangkan informasi pentingmu ke dalam tulisan dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif!

Contoh Tulisan : Sang Saka Merah putih adalah sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna bendera nasional Indonesia dipilih merah dan putih karena merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI dari 1946 sampai dengan 1968. Sang Saka Merah Putih disimpan di Museum Nasional.

Tukarkan tulisanmu dengan temanmu! Gunakan buku EYD untuk memeriksa kata baku yang ada pada tulisanmu dan tulisan temanmu!

Ayo Renungkan!

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut! Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa? Apakah ada hal yang masih membingungkan? Apa yang akan kamu lakukan di sekolah terkait ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?’

Kerja Sama dengan Orang Tua : Berikan contoh semangat Bersatu Kita Teguh di rumah! Sampaikan hasilnya kepada gurumu!

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 3 tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 2 subtema 3 Bersatu Kita Teguh.