Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Rangkuman materi pembelajaran 5 tema 1 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas IV tentang “Indahnya Kebersamaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Keberagaman Budaya Bangsaku. Subtema 1 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran kelima.

Apakah kamu masih ingat tentang cerita pawai budaya? Suku apa saja yang kamu ingat dalam pawai tersebut? Sekarang, kita akan mengenal salah satu suku yang ada di Indonesia, yaitu Suku Minang.

Ayo Membaca!

Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama. Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

Contoh Hasil Temuan :

keragaman sosial dan budaya ini mudah sekali dijumpai bahkan dalam lingkup RT/RW sekalipun. Masyarakat datang dari berbagai suku seperti Batak, Jawa, Makassar, Minang Kabau dan masih banyak lagi lainnya.

Di lingkungan tempat saya tinggal pun terdapat keberagaman agama. Saya dan keluarga beragama Islam sementara tetangga kami ada yang beragama Kristen katolik, protestan dan juga hindu. Keberagaman sosial dan budaya adalah hal yang wajar dan merupakan bagian dari identitas tak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tari Bungong Jeumpa? Ayo, kita pelajari gerak dasar berikutnya! Selengkapnya : Gerakan Dasar Tari Bungong Jeumpa dalam Posisi Duduk

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 5 tema 1 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Terimakasih.

One Comment